German Open 2022 - Positif Covid-19, Aaron/Soh Mundur

Soh Wooi Yik & Aaron Chia (Humas PP PBSI)
Soh Wooi Yik & Aaron Chia (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Petaling Jaya | Keberuntungan belum memihak pada pasangan Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Ganda putra andalan Malaysia ini memutuskan menarik diri dari German Open 2022, seusai Wooi Yik --satu-satunya atlet Malaysia-- dinyatakan positif Covid-19. Namun, keduanya masih berharap dapat bertanding di All England 2022 di Birmingham, Inggris, pada pekan depan.

"Kami mendapat kabar Wooi Yik positif sebelum berangkat ke Jerman pada Sabtu (5/3), setelah tes PCR. Kami tidak jadi ke bandara bersama pemain-pemain lainnya," tutur Aaron, seperti dilaporkan The Star, Senin (7/3).

"Tidak ada pilihan selain mengikuti peraturan yang berlaku, tetap tinggal (di Malaysia) dan mundur dari German Open," Aaron, menambahkan.

Pasangan peringkat tujuh dunia ini merupakan unggulan kedua German Open 2022, dan diprediksi melaju hingga partai final.

Aaron/Soh, ganda putra peraih keping perunggu Olimpiade Tokyo 2020, menjadi pasangan Malaysia kedua yang batal bertolak ke Jerman, setelah Goh V Shem-Low Juan Shen mundur karena cedera. Skuad Malaysia kini mengandalkan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, Tan Wee Kiong/Tan Kian Meng, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin Rumsani, dan Man Wei Chong/Tee Kai Wun.

Terkait peluang bertanding di All England, Aaron sangat berharap hasil negatif didapat Wooi Yik pada tes selanjutnya. "Kami punya waktu sekitar seminggu sebelum All England. Kami tentunya sangat berharap semua urusan ini bisa beres pada Jumat pekan ini, agar dapat langsung terbang ke Birmingham," kata Aaron.

"Kami juga berharap dalam kondisi fit untuk bertanding nanti di Inggris," tambahnya.

Aaron/Soh menempati unggulan keempat ganda putra di turnamen bulu tangkis tertua dunia itu. Keduanya sudah dipastikan menang walkover pada babak pertama setelah pasangan Rusia Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov dilarang tampil di turnamen ini.