French Open 2024 - Tim Indonesia Genjot Aklimatisasi

Latihan perdana tim Indonesia di Prancis (Humas PP PBSI)
Latihan perdana tim Indonesia di Prancis (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Chambly | Setibanya di Chambly, Prancis, Kamis (29/2) siang, tim bulu tangkis Indonesia langsung menggelar latihan ringan pada sore harinya. Selain bertujuan untuk mengembalikan otot-otot yang kaku, latihan ini juga untuk menghindari jet lag yang melanda. Semula, latihan direncanakan dilakukan di lapangan terbuka yang terletak di tempat training camp di Chateau de Maffliers. Namun, saat sesi jogging, hujan gerimis melanda. Akhirnya latihan dipindah ke dalam ruangan.

"Kita usai perjalanan panjang, ditotal dengan transit kurang lebih 20 jam, pasti kondisi badan kaku dan pegal. Latihan hari ini berfokus pada conditioning, jadi besok saat mulai masuk program latihan dalam rangka persiapan ke turnamen kondisinya sudah lebih baik," kata Yansen Alpine, pelatih fisik yang mendampingi, melalui siaran pers Humas PP PBSI.

"Selain itu, latihan dipilih sebagai pengisi kegiatan untuk mengurangi efek jet lag yang melanda. Efek ini harus segera dihilangkan, jam tidur harus disesuaikan dengan jam di sini yang berbeda enam jam dengan Jakarta agar tidak mengganggu hari-hari ke depan," tambahnya.

Dalam latihan ini, Yansen memberikan beberapa menu latihan seperti jogging dan gerakan multilateral. "Latihan tidak yang terlalu berat, waktunya pun kurang dari satu jam. Anak-anak pun melakukan dengan serius tapi santai," tutur Yansen.

Tim bulu tangkis Indonesia baru akan menggelar latihan teknik pada Jumat (1/3) mulai pukul 09.00 waktu setempat.