French Open 2023 - Jalan Terjal Menuju Partai Puncak

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Humas PP PBSI)
Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Tim bulu tangkis Indonesia masih melaju hingga semifinal French Open 2023 melalui perjuangan tiga wakilnya. Mereka adalah tunggal putra Jonatan Christie, ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, dan ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Lawan-lawan tangguh telah menanti para pemain "Merah Putih" pada babak empat besar turnamen level BWF World Tour Super 750 tersebut.

Pada laga yang akan digelar kemali di Glaz Arena, Rennes, Prancis itu, Bagas/Fikri masih berada dalam tren positif dan selanjutnya akan menghadapi lawan yang sulit.

"Lawan He Ji Ting/Ren Xiang Yu (China), tidak akan mudah. Mereka baru saja mengalahkan juara dunia Kang/Seo. Kami harus benar-benar istirahat, memulihkan kondisi semaksimal mungkin. Berharap besok kembali fit," kata Bagas, Jumat (27/10).

Antara melaporkan, laga antara Bagas/Fikri dan He/Ren akan menjadi pertemuan perdana bagi kedua pasangan. Meski Bagas/Fikri unggul secara peringkat, posisi ke-12 dunia, bukan berarti mereka bisa menganggap remeh lawannya yang masih bertengger pada posisi 125.

Apalagi pada perempat final, duo China itu mengalahkan unggulan keempat Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae dengan rubber game 16-21, 21-7, 21-19.

Sementara, Apri/Fadia juga akan bertemu dengan wakil China, Liu Sheng Shu/Tan Ning, yang merupakan pertemuan perdana bagi mereka. "Laga semifinal besok melawan Liu Sheng Shu/Tan Ning akan menjadi pertemuan pertama kami. Akan ramai dan kami harus mewaspadai tenaga mereka yang lumayan besar," ujar Fadia.

Di tunggal putra, Jonatan alias Jojo menghadapi wakil Singapura, Loh Kean Yew. Dalam catatan head-to-head, Jojo masih mendominasi seluruh pertemuan melawan Loh dengan mengantongi enam kemenangan.

Menilik pada peta persaingan hingga babak empat besar, Jojo enggan memikirkan data statistik dan memilih fokus agar bisa bermain dengan konsisten serta maksimal untuk mencapai final. "Hasil tidak ada yang tahu, saya hanya mencoba melakukan yang terbaik hari demi hari," Jojo, menyebutkan.

Berikut jadwal pertandingan para wakil Indonesia pada semifinal French Open 2023 yang akan dimulai pukul 10.00 waktu setempat atau pukul 15.00 WIB, Sabtu (28/10):

  • Liu Sheng Shu/Tan Ning (China) vs. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (7)
  • He Ji Ting/Ren Xiang Yu (China) vs. Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana
  • Loh Kean Yew (Singapura) vs. Jonatan Christie (5)