French Open 2021 - Menjaga Asa Kebangkitan di Paris

Skuad Piala Thomas Indonesia (Badminton Photo/Yohan Nonotte)
Skuad Piala Thomas Indonesia (Badminton Photo/Yohan Nonotte)
Internasional ‐ Created by Junius

Jakarta | Perjuangan para atlet bulu tangkis Indonesia pada turnamen BWF kembali berlanjut di French Open 2021 pada 26-31 Oktober. Bertempat di Stade Pierre de Coubertin, Paris, Prancis, turnamen ini diharapkan menjadi ajang kebangkitan Hendra Setiawan dan kawan-kawan pasca-Denmark Open 2021 yang berakhir tanpa satu pun gelar juara.

Di ajang yang digelar di Odense Sports Park, Odense, tak ada satu pun wakil Indonesia yang melaju ke final. Pada partai final Jepang mendominasi dengan meraih tiga gelar juara pada tunggal putri, ganda putra, dan ganda campuran. Gelar juara tunggal putri menjadi milik Akane Yamaguchi setelah lawannya An Se-young dari Korea Selatan, mengundurkan diri pada gim ketiga.

Kalah 18-21 di gim pertama, Yamaguchi bangkit dan mengunci kemenangan 25-23 di gim kedua, sebelum An Se-young megundurkan diri karena tidak sanggup melanjutkan pertandingan pada gim ketiga. Selain tunggal putri, Jepang juga merebut gelar ganda putra melalui Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dan ganda campuran Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Di partai final, Hoki/ Kobayashi menang atas wakil tuan rumah Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen 21-18, 21-12. Sementara, Watanabe/Higashino menundukkan wakil Thailand Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai 21-18, 21-9.  

Sementara, satu-satunya gelar juara yang bagi tuan rumah, diraih tunggal putra unggulan kedua turnamen, Viktor Axelsen. Ia sukses mengalahkan unggulan pertama asal Jepang Kento Momota melalui rubber game 20-22, 21-18, 21-12. Kemenangan itu sekaligus mengakhiri tren kekalahan yang dialami Axelsen selama tujuh tahun atau sejak Mei 2014, saban kali berjumpa Momota.

Sedangkan gelar ganda campuran menjadi milik China lewat perjuangan Huang Dong Ping/Zheng Yu. Mereka mengalahkan pasangan Korea Selatan Lee So-hee/Shin Seung-chan dengan skor 21-15, 21-17.

Kini, French Open 2021 ada di depan mata.

Melansir ketereangan pers Humas dan Media PP PBSI, pascamundurnya Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, Indonesia hanya menyisahkan 10 wakil di French Open 2021. Shesar Hiren Rhustavito akan menjadi satu-satunya wakil Indonesia di tunggal putra. Begitu pula Gregoria Mariska Tunjung yang seorang diri mewakili nomor tunggal putri.

Pada ganda putra, Indonesia mengirim empat wakilnya, yakni Marcus Gideon/Kevin Sanjaya, Fajar Alfian/Rian Ardianto, Leo Rolly/Daniel Marthin, dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Sementara ganda putri, ada duo pasangan, yakni Nita Violina/Putri Syaikah dan Siti Fadia Silva/Ribka Sugiarto. Sama jumlah juga pada ganda campuran yang bakal turun, yakni Praveen Jordan/Melati Daeva dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.