Greysia Polii: Kami Kelelahan

Greysia Polii (Badminton Photo/Yves Lacroix)
Greysia Polii (Badminton Photo/Yves Lacroix)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta - Ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu tak kuasa menahan lelah. Pasangan Indonesia peraih keping emas Olimpiade Tokyo 2020 itu takluk di tangan pasangan China Huang Dong-ping/Zheng Yu melalui drama tiga gim 21-14, 10-21, 13-21. "Kami kelelahan," tutur Greysia. Hasil tersebut sekaligus menjadi kekalahan pertama Greysia/Apriyani seusai meraih medali emas Tokyo 2020.

"Saatnya kami beristirahat. Kami selalu ingin memberikan yang terbaik di lapangan, apa pun kondisi yang dihadapi. Namun, kami juga manusia, tadi kehilangan fokus sehingga strategi pada gim kedua dan ketiga tidak berjalan," Greysia menjelaskan kondisi saat laga terakhirnya itu, mengutip laporan Kompas pada Minggu (24/10),  

Di Denmark Open 2021, atlet-atlet bulu tangkis Indonesia mulai terdampak jadwal padat turnamen berintensitas tinggi. Selain kelelahan, cedera membuat mereka tidak bisa tampil maksimal hingga akhirnya memutuskan menarik diri dari pertandingan. "Semua pemain yang ikut Piala Thomas, tenaganya berkurang dan fokus menurun. Mereka tidak bermain maksimal di Denmark Terbuka," ujar pelatih ganda putra Herry Iman Pierngadi.

Menuju babak puncak turnamen yang digelar di Odense Sports Hall, Odense, ini, jumlahwakil Indonesia pun terus berkurang. Enam ganda putra asuhan Herry yang tersisih sebelum mencapai babak semifinal.

Meski demikian, skuad ganda putra Indonesia akan melanjutkan perjuangan mereka di French Open 2021 dan HYLO Open 2021. "Salah satu alasannya, turnamen yang akan diikuti termasuk turnamen wajib diikuti pemain top dunia," kata Herry.

"Namun, keputusannya saya serahkan kepada setiap pemain, karena mereka yang tahu kondisi. Kalau bermain harus menjaga diri agar jangan cedera," tambahnya.

Sementara, asisten pelatih ganda putra yang juga manajer tim Indonesia di Denmark Open 2021, Aryono Miranat, dalam keterangan pers PP PBSI mengakui, para pemain yang usai tampil di Piala Sudirman dan Piala Thomas serta Uber di Denmark, banyak yang mengalami kelelahan "Permainannya tidak bisa tampil maksimal di turnamen Denmark Terbuka ini," katanya.

"Tenaga dan stamina tidak cukup untuk kembali tampil maksimal di Denmark Terbuka yang juga melibatkan pemain top dunia," Aryono, menambahkan.

Motivasi tinggi untuk membawa tim "Merah Putih" menjadi juara di Piala Thomas, berujung petaka. Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie mengalami cedera sebelum turun di Denmark Open 2021. "Beberapa pemain mengalami cedera dan tidak mampu meneruskan pertandingan. Pemain seperti Anthony Ginting dan Jonatan Christie mengalami cedera yang sebenarnya didapat saat tampil di Piala Thomas sebelumnya," ungkapnya. "Mereka ngotot dan tampil habis-habisan di Piala Thomas karena motivasi untuk juara begitu besar, mengalahkan rasa sakitnya," Aryono, melanjutkan.

Kini, French Open 2021 ada di depan mata. Perjuangan para atlet bulu tangkis Indonesia pada turnamen BWF kembali pada 26-31 Oktober di Stade Pierre de Coubertin, Paris, Prancis. Turnamen ini diharapkan menjadi ajang kebangkitan Hendra Setiawan dan kawan-kawan pasca-Denmark Open 2021 yang berakhir tanpa satu pun gelar juara.