China Open 2023 - Hadapi Yamaguchi, Putri KW Diharapkan Tampil Maksimal

Putri Kusuma Wardani (Humas PP PBSI)
Putri Kusuma Wardani (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Changzhou | Tunggal putri Indonesia Putri Kusuma Wardani bakal bertemu lawan berat di babak pertama China Open 2023. Berdasarkan undian turnamen yang berlangsung pada 5-10 September di Changzhou, China ini, Putri langsung berhadapan dengan unggulan kedua asal Jepang, Akane Yamaguchi. Sementara, Gregoria Mariska Tunjung akan meladeni wakil Vietnam, Thuy Linh Nguyen.

Pelatih tunggal putri pelatnas bulu tangkis Indonesia Indra Widjaja berharap, baik Gregoria maupun Putri dapat menunjukkan permainan terbaiknya di turnamen level BWF World Tour Super 1000 tersebut. Seperti yang kedua pemain tunjukkan pada Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2023 lalu di Kopenhagen, Denmark.

"Putri akan langsung ketemu Akane (Yamaguchi) dari Jepang, karena dari melihat sisi peringkat, peluang untuk bertemu dengan unggulan pasti ada di babak pertama," kata Indra, melalui siaran pers Humas PP PBSI.

"Tapi, harapan saya untuk Putri bisa maksimal seperti yang ia tunjukkan saat melawan He Bing Jiao (China) di Kejuaraan Dunia kemarin," Indra, menambahkan.

Dalam rekor head-to-head, Akane unggul satu kemenangan atas Putri yang diraihnya pada Indonesia Open 2023.

Sementara, belum ada catatan pertemuan antara Gregoria dan Thuy. Namun, tunggal putri andalan Indonesia itu sempat menjalani proses pemulihan lutut kiri sebelum bertolak ke China. Ia mengaku cukup terganggung saat bertanding melawan Yeo Jia Min dari Singapura, di babak 32 besar Kejuaraan Dunia 2023. "Untuk Gregoria, lututnya memang masih di-taping tapi sebetulnya tidak terlalu masalah," tutur Indra.

"Saya harap dia bisa lebih berani untuk memaksimalkan semuanya di laga nanti, terus konsistensi dengan permainan terbaik dan tidak terpengaruh dengan hal-hal kecil yang bisa mengganggu," demikian Indra.