BATC 2022 - Ini Komentar Sejumlah Pemain Terkait Kondisi Lapangan

Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay (Humas PP PBSI)
Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Selangor | Para pemain Indonesia mendapatkan manfaat yang baik usai berlatih di Setia City Convention Center, Selangor, Minggu (13/2) sore. Meski belum maksimal, pemain ganda putra Bagas Maulana dapat menjajal lapangan pertandingan, mengetahui tata lampu, serta arah angin yang berembus dari pendingin udara, dari sesi latihan sekitar satu jam tersebut di arena yang digunakan untuk pertandingan kejuaraan ini.

"Cuma, hari ini kan lapangan masih di-setting. Jadi kondisi lampu dan arah angin pasti bisa berubah saat pertandingan lusa. Tetapi, minimal hari ini kita bisa mulai beradaptasi," ungkap Bagas, dalam siaran pers Humas PP PBSI.

Sementara, menurut pemain tunggal putra Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay, kondisi di lapangan memang cukup berangin. Lampunya juga silau. Selain itu, katanya, karpetnya juga agak lincin. "Besok lusa ketika pertandingan dimulai, saya rasa perubahannya tak terlalu banyak. Kita harus bisa beradaptasi dengan lapangan," tutur atlet klub PB Djarum ini.

Dalam keterangan persnya, induk organisasi olahraga bulu tangkis itu menyebutkan, pembangunan arena pertandingan belum rampung. Masih banyak tiang-tiang yang belum terpasang sempurna. Terlihat sejumlah pekerja tengah memasang bermacam-macam peralatan.

Pada bagian sisi lapangan, mereka sibuk merapikan sarana pendukung. Papan iklan besar di pinggir lapangan pun masih tergeletak dan belum dipasang. Begitu pula dengan papan skor, yang nantinya akan dipasang di pinggir setiap lapangan.

Ada tiga lapangan yang tersedia. Sementara lampu berwarna putih yang bersinar terang telah terpasang. "Lampunya terang, rasanya lebih terang dibanding di Istora," kata pemain ganda putri Jesita Putri Miantoro.

"Meski begitu, tidak terasa panas di lapangan. Cuma agak silau. Saat shuttlecock berada di dekat-dekat lampu, berbayang," tambahnya.

Sebelumnya, pada sesi latihan pagi, tim Indonesia berlatih di Setia Badminton Hall, Selangor. Di arena ini, seluruh pemain berlatih selama 90 menit sejak pukul 10.00 waktu setempat.

Setelah latihan pemanasan dan peregangan, pemain berkelompok berlatih teknik sesuai kelompoknya. Di tunggal putri, Gregoria Mariska dan Putri Kusuma Wardani berlatih gim satu lawan satu dan bergantian satu lawan dua.

Begitu pula dengan dengan tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo, yang berlatih teknik melawan Christian Adinata. Menyusul bergantian menghadapi Ikhsan Leonardo Rumbay dan Yonathan Ramlie.

Untuk pemain ganda, latihan gim dengan format dua lawan dua atau dua lawan tiga. Dalam suasana penuh semangat dan ceria, para pemain melahap semua porsi latihan.