BAMTC 2023 - Skuad Ganda Putra Fokus Penguatan Fisik

Muhammad Rian Ardianto & Fajar Alfian (Djarum Badminton)
Muhammad Rian Ardianto & Fajar Alfian (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Persiapan telah memasuki tahap akhir bagi dua ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, menjelang Kejuaraan Beregu Campuran Asia atau Badminton Asia Mixed Team Championship (BAMTC) 2023. Dengan bekal mengikuti beberapa turnamen sejak Januari 2023, Fajar/Rian maupun Pram/Yere hanya membutuhkan peningkatan fisik agar tetap pada level terbaik.

"Persiapan untuk Kejuaraan Beregu Campuran Asia, kan, ada sebagian pemain yang pulang dari Thailand dan juga ada yang sebagian sudah ada dari Indonesia Masters," jelas pelatih ganda putra pelatnas bulu tangkis Indonesia, Aryono Miranat, Rabu (8/2), seperti dilaporkan laman berita Media Indonesia.

"Kami hanya tinggal memperbaiki dari fisiknya, sementara teknik tidak ada (persiapan khusus)," Aryono, menambahkan.

Pemilihan Fajar/Rian dan Pram/Yere untuk memperkuat skuad "Merah Putih" di BATC 2023, dengan pertimbangan negara-negara lain seperti China, Malaysia, atau Jepang, menerjunkan pasangan top mereka di turnamen level Asia ini. "Kalau pertimbangannya (menurunkan Fajar/Rian dan Pramudya/Yeremia), tahun lalu, kan, kita dapat (medali) perunggu. Negara lain, seperti Malaysia, full team ya," tuturnya.

"Sekarang kami juga turunin yang terbaik. Ada yang utama dan ada pelapisnya juga," tambahnya.

Sementara, Yere mengucap syukur atas kepercayaan yang diberikan untuk membela Indonesia di kejuaraan yang digelar di Dubai pada 14-19 Februari tersebut. Atlet berusia 23 tahun itu berharap bisa menampilkan yang terbaik, pascapemulihan cedera lutut sejak setahun silam. "Bersyukur bisa diturunkan di Kejuaraan Beregu Campuran Asia, karena mungkin jarang pertandingan (karena cedera), terus dikasih kesempatan pertandingan untuk beregu," demikian Yere.