BAC 2023 - Tiwi: Ini Kemenangan yang Penting buat Kami

Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi (Humas PP PBSI)
Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi (Ana/Tiwi) membuat kejutan di babak 16 besar Badminton Asia Championship (BAC) 2023 dengan mengalahkan unggulan ketiga dari Korea Selatan, Kim So Yeong/Kong Hee Yong. Bertanding di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Al Nasr Club, Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis (27/4), Ana/Tiwi menang dengan skor identik 21-16, 21-16 atas pasangan dengan peringkat lima dunia itu.

"Ini kemenangan yang penting buat kami. Kami merasa di sini permainan kami mulai keluar sepenuhnya," kata Tiwi, melalui keterangan pers Humas PP PBSI.

"Kami tadi bermain lebih lepas, tidak memikirkan beban karena, kan, lawan juga di atas kami. Alhamdulillah, hari ini bisa menang lawan mereka," tambah atlet asal klub Mutiara Cardinal Bandung ini.

Sementara, Ana mengungkapkan, tak ada persiapan khusus guna menghadapi Kim/Kong di babak kedua ini. Menganalisa permainan lawan serta istirahat yang cukup, kata Ana, sehari jelang laga. Namun, sebelum memasuki arena pertandingan, mereka sudah bersiasat untuk tidak meladeni pola permainan Kim/Kong.

"Kami banyak melakukan variasi tekanan. Kadang kencang, tapi ada juga memperlambat," tuturnya.

"Di gim kedua awal, kami mulai terbawa pola permainan mereka. Kami banyak buang poin dari kesalahan sendiri. Setelah itu kami coba lebih tenang lagi, membalikkan pola permainan seperti di gim pertama," Tiwi, menimpali komentar partnernya itu.

Secara umum, Ana merasa puas dengan permainan mereka, sementara Tiwi berharap dapat menjaga tren positif ini. "Tapi, harus terus ditingkatkan dan tetap waspada, juga fokus untuk pertandingan selanjutnya," kata Ana.

"Semoga di pertandingan selanjutnya kami bisa terus konsisten," demikian Tiwi.