BAC 2023 - Leo/Daniel Tunjukkan Peningkatan meski Kalah

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (Humas PP PBSI)
Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda putra Indonesia Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin harus mengakhiri perjalanan mereka di Badminton Asia Championship (BAC) 2023 sejak dini. Mereka kalah dari unggulan kedua asal Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, dalam pertarungan tiga gim 21-19, 19-21, 20-22, di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Al Nasr Club, Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu (26/4) malam waktu setempat.

Pelatih ganda putra pelatnas bulu tangkis Indonesia Aryono Miranat menilai,  Leo/Daniel menampilkan permainan cukup bagus dengan semangat juang yang luar biasa. Pasangan muda itu menolak menyerah, meski kerap dalam posisi tertinggal. "Tapi memang beberapa kali masih melakukan kesalahan-kesalahan sendiri," katanya dalam keterangan pers Humas PP PBSI.

"Bola mudah yang tidak harusnya mati, malah mati. Ini menjadi evaluasi mereka ke depan," Aryono, menjelaskan.

Pada sisi lain, banyak hal positif yang ditunjukkan juara Indonesia Masters 2023 pada laga di babak 32 besar ini. "Leo/Daniel bermain lebih sabar dan tidak grasa-grusu. Ini merupakan bentuk peningkatan dari mereka," ujarnya.

"Kalau dulu, bermainnya sering kurang tenang. Sekarang mereka bisa lebih tenang, di posisi tertekan pun masih bisa mengontrol emosi mereka," tambahnya.

Sementara, Aryono menilai tak ada perubahan pola permainan yang signifikan yang ditunjukkan Aaron/Soh, menilik pada pertemuan sebelumnya di babak 32 besar All England 2023 pada pertengahan Maret lalu. "Hanya, hari ini Aaron/Soh lebih tenang di poin-poin akhir," pungkasnya.