BAC 2023 - Indonesia Incar Tiga Gelar Juara

Gregoria Mariska Tunjung (Djarum Badminton)
Gregoria Mariska Tunjung (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia memasang target meraih tiga gelar juara dari Kejuaraan Bulu Tangkis Asia atau Badminton Asia Championship (BAC) 2023, 25-30 April, di Dubai, Uni Emirat Arab. Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky menyebutkan, target juara tersebut diharapkan dapat diraih melalui tiga nomor, yaitu tunggal putra, ganda putra, dan tunggal putri.

"Kalau dari (kejuaraan) Asia saya harapkan bisa tiga ya. Ada dari tunggal putra, ganda putra, dan tunggal putri," kata Rionny, seperti dilaporkan kantor berita Antara pada Jumat (14/4).

Rionny mengatakan peluang terbesar meraih gelar juara berasal dari nomor ganda putra berdasarkan catatan yang dominan dari turnamen sebelumnya. "Dari ganda putra kita dominan, tapi ya jangan anggap enteng. Dari tunggal putra ada, saya rasa dari hasil kemarin mereka punya motivasi. Saya rasa dari latihan ada rasa penasaran, ini yang terbaik dari mereka untuk tunggal putra," jelasnya.

Sementara dari tunggal putri, Rionny berharap Gregoria Mariska Tunjung dapat kembali mencatatkan gelar juara, setelah menjuarai BWF World Tour untuk pertama kali di Spain Masters 2023.

Penampilan Gregoria pun dinilai mengalami peningkatan signifikan. Pada turnamen level BWF World TOUR Super 300 itu, Gregoria sukses mengalahkan juara Olimpiade Rio 2016 sekaligus wakil tuan rumah Carolina Marín, serta peraih medali perak Olimpiade, Pusarla V. Sindhu, asal India.

"Gregoria kemarín sempat juara, kita siapkan lagi. Bukan mental, tapi tambah dengan gelar juara. Selalu, kan, (lolos) semifinal lalu final, akhirnya bisa juara. Nah, ini saya targetkan juara lagi," demikian Rionny.