BAC 2023 - Ganda Putri Terbaik Malaysia Mundur

Pearly Tan (Djarum Badminton)
Pearly Tan (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Atlet ganda putri Malaysia, Pearly Tan, mundur dari Kejuaraan Bulu Tangkis Asia atau Badminton Asia Championship (BAC) 2023, karena sakit. Pearly dan pasangannya, Thinaah Muralitharan, menempati unggulan kedelapan dan dijadwalkan bertemu dengan pasangan Thailand, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai, di babak 32 besar kejuaraan yang berlangsung pada 25-30 April di Dubai, Uni Emirat Arab tersebut.

"UPDATE: Pearly Tan withdraws from the Badminton Asia Championships 2023 due to illness. Get well soon, Pearly!" demikian cuitan Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia melalui akun Twitter-nya, @BA_Malaysia, Rabu (19/4) petang.

Dengan mundurnya Pearly/Thinaah, peta persaingan ganda putri pada BAC 2023 pun berubah. Mereka adalah ganda putri andalan negeri jiran sejak menjuarai Swiss Open 2021 dan French Open 2022. Pasangan berperingkat delapan dunia ini juga kerap bersaing sengit dengan ganda putri Indonesia, Apriyani Fadia/Siti Fadia Silva Ramadhanti di berbagai turnamen.

Berdasarkan catatan head-to-head Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), empat kali kedua pasangan bersua dan masing-masing pasangan telah mengantongi dua kemenangan. Namun, belum sekali pun Apri/Fadia bertemu Pearly/Thiinah bertemu pada musim kompetisi tahun ini.

Menyusul mundurnya Pearly/Thinaah, Malaysia akan mengandalkan dua pasangan lainnya pada sektor ganda putri, yakni Vivian Hoo/Lim Chiew Sien dan Ng Qi Xuan/Teoh Le Xuan. Ng/Teoh akan memulai kejuaraan ini dari babak kualifikasi Grup D, Vivian/Lim akan menantang unggulan keempat asal China, Zhang Shu Xian/Zheng Yu, di babak 32 besar.

Sementara, Apri/Fadia, yang menempati unggulan kelima, akan berhadapan dengan pasangan kakak-beradik asal Thailand, Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard.