Alpes International U19 2022 - Skuad Muda Indonesia Mampu Bersaing di Eropa

Ester Nurumi Tri Wardoyo & Tasya Farahnailah (Humas PP PBSI)
Ester Nurumi Tri Wardoyo & Tasya Farahnailah (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Para pemain pelapis pelatnas berjaya dengan tiga gelar juara di Alpes International U-19 tahun 2022. Bertanding di Salle Everest, Voiron, Prancis, Minggu (10/4), tak hanya berhasil memboyong tiga gelar juara, mereka juga menciptakan "all Indonesia finals" di tiga nomor, yakni tunggal putra, tunggal putri, dan ganda putri.

"Ini prestasi bagus yang layak kita syukuri. Pemain-pemain muda yang ada di pelatnas Cipayung mampu unjuk kemampuan. Apalagi, kita merebut tiga gelar juara dengan menciptakan final sesama wakil Indonesia di tiga nomor," tutur pelatih Asep Suharno, dalam siaran pers Humas PP PBSI.

Menurut Asep, penampilan para pemain pelapis ini mulai menampakkan hasil yang baik, dengan menjadi juara di tengah persaingan pemain-pemain muda Eropa yang kini juga makin berkembang dan kompetitif. "Kejuaraan ini juga begitu kompetitif. Saya lihat banyak pemain-pemain berbakat Eropa yang hadir dan meramaikan kejuaraan ini," jelas Asep.

Pada sektor tunggal putra, Alwi Farhan yang ditempatkan sebagai unggulan keenam, tampil begitu solid. Pada partai pamungkas, Alwi berhasil mengalahkan rekan sepelatihannya di pelatnas, Bodhi Ratana Teja Gotama, 21-12, 21-17.

Sementara pada nomor tunggal putri, Ester Nurumi Tri Wardoyo unggulan 16 turnamen, menang lewat pertarungan tiga gim 21-11, 10-21, 21-13 atas Tasya Farahnailah dalam durasi 47 menit.

Gelar lain dipersembahkan Meilysa Trias Puspita Sari/Rachel Allessya Rose di ganda putri. Unggulan kedua turnamen ini menang 21-17, 21-12 atas Anisanaya Kamila/Az Zahra Ditya Ramadhani.

"Mudah-mudahan dari hasil ini ke depannya di sektor tunggal putri makin bagus dan bisa segera muncul generasi penerus yang bisa segera melapis Putri Kusuma Wardani dan Gregoria Mariska Tunjung," demikian Asep.