Thomas Cup 2024 - Momentum Skuad Tunggal Menjaga Tren Kemenangan

Anthony Sinisuka Ginting (Humas PP PBSI)
Anthony Sinisuka Ginting (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Hingga laga kedua fase grup Piala Thomas 2024, skuad tunggal Indonesia yang terdiri dari Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Chico Aura Dwi Wardoyo, dan Alwi Farhan, belum terkalahkan. Hampir semua pertandingan berakhir dua gim. Hanya Jonatan yang kehilangan satu gim ketika bertemu wakil Thailand, Saran Jamsri. Mereka bakal berjumpa tekanan berbeda saat melawan India di laga penentuan juara Grup C.

"Melawan India, saya feeling mereka akan mengubah susunan pemain tunggalnya," tutur Jonatan melalui keterangan pers Humas PP PBSI, Senin (29/4).

"Tapi, siapa pun itu, kami akan mempersiapkan semaksimal mungkin, menyiapkan semua yang kami punya," Jonatan, menegaskan.

Tunggal pertama, Anthony, yang menuntaskan dua laga melawan wakil Inggris dan Thailand di bawah 45 menit, merasa diuntungkan dengan rehat satu hari di antara padatnya jadwal pertandingan. Ia bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik, menjelang laga penentu penguasa grup itu "Memang agak berbeda dari turnamen perorangan yang setiap hari bermain, tapi kalau di beregu kita bisa dapat rest (istirahat) satu hari setelah pertandingan pertama kemarin. Itu bisa dipergunakan untuk latihan, memperbaiki apa yang kurang. lebih ngenakin lagi," ungkapnya.

"Itu cukup bagus dan menguntungkan," Anthony, menambahkan.

Sementara, tunggal ketiga Chico merasa bersyukur atas kepercayaan untuk dapat membela tim Indonesia pada Piala Thomas 2024. Pada laga pertamanya, ia memetik kemenangan atas Nachakorn Pusri dengan skor 21-10, 21-11.

Begitu pun Alwi, yang dipercaya para pelatih untuk bertanding melawan Cholan Kayan. Juara dunia yunior 2023 itu menang 21-15, 21-12 dalam tempo 37 menit. Menurutnya, dukungan para senior, pelatih, serta ofisial, dari tribune penonton, turut mendongkrak semangatnya saat meladeni perlawanan wakil Inggris tersebut.

"Di beberapa poin saat kejar-kejaran saya lihat kakak-kakak senior mendukung saya, itu jadi lebih memotivasi. Mereka adalah idola-idola saya dan akhirnya sekarang bisa satu tim, saya sangat beruntung," ujar Alwi.

Pelatih tunggal putra pelatnas bulu tangkis Indonesia, Irwansyah, menyatakan persiapan anak asuhnya sudah bagus. Para pemainnya siap untuk diturunkan melawan India. "Saya menyiapkan para pemain untuk siap untuk melawan siapa saja. Jadi siapa pun yang diturunkan di sana, mau Prannoy (H. S.), Lakshya Sen, (Kidambi) Srikanth, atau siapa pun lainnya, yang terpenting kaminya siap," tegasnya.