(All England) Fajar/Rian Cicipi Panggung Semifinal

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia) mengembalikan shuttlecock.
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia) mengembalikan shuttlecock. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Ganda putra Indonesia akhirnya berhasil mengirimkan dua wakilnya ke panggung semifinal All England 2019 BWF World Tour Super 1000. Setelah Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang sudah lebih dulu lolos, kali ini giliran pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang memastikan tiket ke semifinal usai mengalahkan wakil Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong dengan dua game langsung 22-20 dan 21-12.

Bertanding di Birmingham Arena, Jumat (8/3), kedua pasangan langsung mempertontonkan pertarungan sengit sejak pertandingan dimulai. Tampil lebih tenang saat poin kritis 19-20 di akhir game pertama, Fajar/Rian mampu mengembalikan keadaan dan mengunci kemenangan. Pada game kedua, Fajar/Rian pun langsung berhasil mengendalikan jalannya pertandingan.

“Dibilang mudah ya nggak juga. Di game pertama kita sempat ketinggalan, tapi kemudian kita lebih fokus. Pola mainnya nggak beda jauh dengan pertemuan sebelumnya. Tipe main mereka memang begitu, banyak defense,” kata Muhammad Rian Ardianto usai pertandingan.

Sementara itu, meski berhasil memenangkan pertandingan dan lolos ke babak semifinal All England 2019 BWF World Tour Super 1000, Fajar Alfian mengaku akan tetap menjaga fokus dan tidak mau terlena. “Pertama bersyukur alhamdulillah bisa ke semifinal. Tapi kita tidak puas sampai di sini, masih ada partai-partai besok, step by step. Jaga fokus dan staminanya,” ujar Fajar.

“Di game kedua mereka coba pola main mereka seperti di awal game pertama. Lawan memperlambat tempo permainan, kita jadi terbawa. Tapi waktu 13-11 ada lucky ball, waktu pembukaan, pukulan mereka kena net, jadi kita percaya diri lagi,” lanjutnya menjelaskan.

Hasil manis ini sekaligus memperpanjang catatan kemenangan Fajar/Rian atas Goh/Tan menjadi 2-0. Pada pertemuan sebelumnya di Malaysia Masters 2019 BWF World Tour Super 500, Januari lalu, Fajar/Rian juga menang 14-21, 24-22 dan 21-13.

Dukungan penonton Indonesia di Birmingham Arena ternyata mampu menambah semangat Fajar/Rian. “Suara supporter kedengeran banget sih, karena hall di sini kan tidak seperti di Indonesia. Yang teriak satu orang saja, bisa terdengar. Dukungan penonton sangat berpengaruh, memotivasi kita juga,” tandasnya.