All England 2023 - Ginting Hidupkan Asa dari Tunggal Putra

Prannoy H.S. & Anthony Sinisuka Ginting (Humas PP PBSI)
Prannoy H.S. & Anthony Sinisuka Ginting (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Anthony Sinisuka Ginting menjadi satu-satunya wakil Indonesia dari nomor tunggal putra yang tersisa hingga perempat final All England 2023 di Utilita Arena Birmingham, Inggris, Kamis (17/3). Anthony mengalahkan wakil India Prannoy H.S. dalam tiga gim 22-20, 15-21, 21-17. Sementara, Chico Aura Dwi Wardoyo, yang juga tampil di babak 16 besar, kalah dari Weng Hong Yang asal China.

"Ketika masuk lapangan, fokus saya hanya untuk di pertandingan itu. Tidak ada memikirkan saya tinggal satu-satunya wakil tunggal putra atau hal lain," kata Anthony, seperti dilaporkan Antara, Jumat (17/3).

"Hari ini pertandingan sangat ketat dari awal sampai terakhir, kunci kemenangannya ada di gim ketiga saat saya bermain lebih agresif, menaikkan tempo permainan. Tapi saya tetap sabar karena tidak mudah dapat poin dari Prannoy," jelasnya.

Momen menegangkan terjadi pada gim pertama. Anthony yang sudah tertinggal jauh dari Prannoy dan berada pada gim poin 17-20, tiba-tiba sanggup mengejar balik lewat torehan lima poin beruntun. "Saat tertinggal 17-20 di gim pertama, saya coba buat lebih tenang karena belum poin 21 berarti belum berakhir. Jadi tadi coba cara lain lagi, apa yang harus dilakukan lagi dan Puji Tuhan berhasil mengejar dan membalikkan keadaan," Anthony, memaparkan.

Pada perempat final, Anthony akan bertemu pebulu tangkis Denmark Anders Antonsen. Anthony patut bersyukur karena kini Antonsen menjadi lawan terberat dari Denmark, sedangkan peringkat satu dunia Viktor Axelsen lebih dulu tersingkir pada 16 besar.

Namun, Anthony tak mau menganggap enteng lawan-lawannya apalagi semua peserta dipastikan akan bersaing sengit pada turnamen bergengsi ini. "Sama saja ada Viktor atau tidak, karena ada pemain lain yang sama beratnya. Saya tidak mau berpikiran terlalu jauh, coba fokus satu pertandingan demi satu pertandingan, anggap itu adalah final. Seperti tadi lawan Prannoy juga ketat partainya, jadi sebisa mungkin kasih all out apa yang sudah dilatih di Jakarta," pungkasnya.