All England 2022 - Chen/Jia Tersingkir, Tzu Ying Melaju

Akane Yamaguchi (Humas PP PBSI)
Akane Yamaguchi (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Tunggal putri nomor satu dunia Tai Tzu Ying, Juara Dunia 2021 Akane Yamaguchi, serta peraih medai emas Olimpiade Tokyo 2020 Chen Yufei, melaju ke babak kedua All England 2022. Ganda putri Korea Selatan Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong of Korea memberi kejutan di hari pertama turnamen, seusai mengalahkan pasangan nomor satu dunia Chen Qing Chen/Jia Yi Fan. Pasangan berperingkat 64 dunia itu menang 21-15 21-16.

Chen/Jia tampak kelelahan. Bahkan, Jia terlihat beberapa kali terbatuk-batuk saat pertandingan berlangsung. Keduanya juga jarang menunjukkan permainan menyerang seperti laga-laga sebelumnya. Pasangan China ini justru lebih banyak bertahan dan membuka peluang bagi Jeong/Kim untuk terus menyerang.

Secara umum, seperti disebutkan Badminton Planet, Chen/Jia tampil dalam performa yang berbeda di babak awal All England 2022 yang digelar di Utilita Arena Birmingham, Rabu (16/3). Sementara bagi Jeong/Kim, kemenangan ini seolah membuyarkan prediksi keduanya sebelum masuk ke dalam arena.

"Ini adalah All England pertama kami. Pada saat hasil undian keluar, kami merasa tidak beruntung," ujar Kim.

Jeong/Kim akan bertemu Supissara Paewsampran/Puttita Supajirakul pada babak kedua. Menanggapi pertandingan melawan wakil Thailand tersebut, Jeong menyatakan, "lawan pada babak selanjutnya merupakan pasangan yang kuat. Kami akan memberikan yang terbaik pada babak kedua."

Tzu Ying hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mengalahkan pemain Jerman, Lianne Tan, dengan skor 21-12 21-14. Atlet Taiwan tersebut akan berhadapan dengan Busanan Ongbamrungphan (Thailand) di babak 16 besar.

Sementara, Chen, tunggal putri China berusia 24 tahun, dinyatakan menang walkover atas rekan senegaranya, Zhang Yi Man. Sepekan lalu, Chen mengalahkan Zhang di semifinal German Open 2022 setelah Zhang mengalami cedera punggung pada poin penentu.

Yamaguchi juga meraih kemenangan pada babak awal. Tunggal putri Jepang itu menang atas pebulu tangkis Estonia, Kristin Kuuba, dengan skor identik 21-13 21-13. Yamaguchi bertemu Saina Nehwal dari India di babak kedua.