Zhao Yunlei: Aku Cinta Indonesia

Pertandingan ‐ Created by TF

Sering tampil di Indonesia, Zhao Yunlei belum pernah menyebutkan kalimat berbahasa Indonesia. Tapi, kali ini, di BCA Indonesia Open Super Series Premier (BIOSSP) 2015, pertama kali dia lakukan.

"Aku cinta Indonesia," kata Yunlei dihadapan media usai pertandingan, Minggu (7/6). "Saya baru semalam belajar berbicara ini," imbuhnya.

Sementara itu, bersama Zhang Nan, Yunlei harus mengakui kekuatan lawan yang juga kompatriotnya, Xu Chen/Ma Jin. Keduanya takluk 17-21, 16-21 dan gagal jadi juara di BIO kali ini.

"Kebetulan lawan kami adalah tim Tiongkok juga, jadi kami sudah tau kekuatan dan kekurangan masing-masing," kata Yunlei tanpa ditemani Zhang Nan.

Tak hanya itu, Yunlei pun mengakui permainan lawannya kali ini jauh lebih baik darinya. Persiapan yang kurang dianggap jadi salah satu faktor penyebab kegagalan unggulan pertama itu.

Pada pertandingannya melawan unggulan kedua tersebut, baik Yunlei maupun Zhang Nan tidak menampilkan permainan agresif seperti yang ditampilkannya saat bertemu Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di babak semifinal. Itu terlihat dari unforced error yang lebih banyak dilakukan keduanya.

"Hari ini kamu cukup lelah. Jadi tidak sebaik penampilan di semifinal kemarin. Pertarungannya pun juga tidak seketat kemarin," pungkasnya. 

Sebagai runner up, Zhang Nan dan Zhao Yunlei berhak atas hadiah uang sebesar US$ 30.400. Keduanya juga akan kembali tampil di Istana Olahraga Senayan, Jakarta pada Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2015, Agustus mendatang.