Djarum Superliga Berikan Kontribusi Positif

Superliga ‐ Created by

Djarum Superliga Badminton kembali digelar tahun ini di DBL Arena, Surabaya, 3-9 Februari mendatang. Ini akan menjadi kali keempat digelarnya turnamen bulutangkis antar klub itu setelah sebelumnya digelardigelar tahun 2007, 2011, dan 2013.

Dalam setiap penyelenggaraannya, Djarum Superliga Badminton selalu menarik untuk disimak. Menjadi salah satu turnamen bulutangkis bergengsi, tak hanya gegap gempita kemeriahan yang disuguhkan, tapi juga memberikan beragam dampak positif. Dengan mengundang klub-klub besar luar negeri dan bertabur pemain top dunia, Djarum Superliga Badminton bukan sekedar menjadi ajang adu gengsi. Turnamen itu  juga dinilai dapat membina para atlet bulutangkis Indonesia.

Lewat Djarum Superliga Badminton, para atlet dapat menambah jam terbang pengalaman bertanding dan memetik pelajaran dari pemain luar serta senior mereka. Hal ini dapat memotivasi serta mengasah kesiapan mental dan teknik para altet untuk meningkatkan bobot dan kualitas performa permainan. Kompetisi Djarum Superliga Badminton juga dapat mengevaluasi kekuatan bulutangkis Indonesia dengan mengetahui sejauh mana tingkat permainan tim serta memberikan bayangan peta kekuatan tim luar negeri untuk ditelaah lebih lanjut. 

"Kejuaraan ini bisa menjadi tolak ukur untuk mengetahui posisi pemain kita dalam persaingan dunia," kata Ketua Umum PP PBSI Gita Wirjawan dalam acara jumpa pers Djarum Superliga Badminton 2014 di Hotel Kempinski, Jakarta.

Selain itu, kemeriahan Djarum Superliga Badminton juga ikut mempromosikan nama Indonesia. Sejauh ini, para pemain asing yang pernah berpartisipasi dalam Djarum Superliga Badminton pulang ke negara asalnya dengan membawa kesan positif. Salah satunya adalah Lee Hyun Il, yang akan kembali memperkuat klub Musica Champion di Djarum Superliga Badminton tahun ini. Seperti dituturkan oleh Manajer Musica Champion Hariyanto Arbi, "Dia senang main disini. Katanya baru bisa merasakan enjoy main bulutangkis di Indonesia."

Banyaknya dampak positif yang diberikan Djarum Superliga Badminton disambut baik oleh Kepala Bidang Pengembangan PP PBSI Basri Yusuf. Oleh karena itu, ia berharap event Djarum Superliga Badminton dapat terus terlaksana.

"Semoga turnamen ini bisa digelar setiap tahun dan kami berharap kualitasnya bisa semakin meningkat dari waktu ke waktu," sahutnya.

Tahun ini, Djarum Superliga Badminton diikuti sebanyak tujuh klub asing seperti Unisys Jepang, SCG Thailand, Malaysia Tiger, dan Singapore. Sementara klub-klub besar dalam negeri seperti Jaya Raya Jakarta, PB Djarum, Mutiara Cardinal dan Hiqua Wima juga akan ikut memanaskan persaingan. Sejumlah pemain papan atas seperti Lee Chong Wei, Marc Zwiebler, Vladimir Ivanov, dan Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa juga sudah dipastikan akan hadir dalam kejuaraan bulutangkis antar klub yang memperebutkan total hadiah Rp 2 miliar itu.