(Olimpiade Rio 2016) Tommy dan Ahsan/Hendra Diprediksi Mampu Mengatasi Lawannya

Mimi Irawan
photo: badmintonindonesia.org
Olimpiade ‐ Created by TIF

RIO DE JENEIRO - Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto serta pasangan Hendra Setiawan/Muhamad Ahsan diprediksi bakal mampu mengalahkan lawan-lawannya dalam pertandingan babak kualifikasi cabang bulutangkis Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, Brasil, Jumat (12/8). Hal itu diungkapkan Direktur Performa Tinggi (HPD) Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) Mimi Irawan.

Di babak penyisihan tunggal putra Grup J di Riocentro - Pavillion 4, Rio de Janeiro, Brasil, Tommy yang juga putra mantan juara dunia Icuk Sugiarto akan berhadapan dengan pebulutangkis Amerika Serikat, Howard Shu. Menurut Mimi, dari segi permainan Tommy jauh lebih baik sehinggaa dirinya sangat yakin pebulutangkis tunggal putra terbaik Indonesia itu akan mampu mengatasi Howar Shu.

Kayakinan yang sama diungkapkan Mimi terhadap kemampuan pasangan ganda putra Ahsan/Hendra yang akan menghadapi pertandingan kedua babak penyisihan Grup D, kala jumpa pasangan Jepang, Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa, Jumat (12/8) malam. Pada pertandingan perdana, Kamis (11/8) malam, Ahsan/Hendra mengalahkan Mannu Attri/Reddy B Sumeeth (India) dengan skor 21-18, 21-13.

"Ahsan/Hendra sangat mengenal permainan Endo/Hayakawa karena keduanya sudah sering bertemu di event level Superseries. Dalam pertemuan itu, Ahsan/Hendra masih lebih unggul," kata Mimi.

Menurut Mimi, Ahsan/Hendra memiliki teknik yang lebih baik dalam penempatan shuttlecock. Keduanya juga harus bermain lepas, tidak boleh lengah dan jangan mengulang kesalahan saat keduanya menghadapi pasangan India di mana Ahsan/Hendra terlihat terburu-buru untuk menyelesaikan pertandingan sehingga membuat beberapa kesalahan. Begitu juga dengan akurasi pukulan yang harus diperhitungkan dengan baik.

Di Ganda Campuran, pasangan Praven Jordan/ Debby Susanto akan menghadapi Michael Fuchs/Birgit Michels dari Jerman pada pertandingan kedua babak penyisihan Grup A. Sebelumnya, Praveen/Debby mengalahkan Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah asal Taiwan dengan skor akhir 21-12, 19-21 dan 21-15.

Kemudian disusul Tantowi Ahmad/Lilyana Natsir yang akan bertemu wakil Thailand Bodin Isara/Savitree Amitrapaj di penyisihan Grup C. Sebelumnya, Tantowi/Lilyana mengalahkan Robin Middleton/Leane Choo (Australia) dengan skor 2-0 (21-7 dan 21-8). Di Ganda Putri Grup C, pasangan Nitya Krishinda/Gresya Polii akan menghadapi H Oliver/L Smith dari Inggris setelah menaklukkan ganda Hongkong dengan skor 21-9 dan 21-11 pada laga perdananya.