Seri Asia Bakal Jadi Tolok Ukur Tim Bulutangkis Indonesia

Jonatan Christie (Indonesia) saat berlaga di ajang Daihatsu Indonesia Masters 2020 BWF World Tour Super 500.
Jonatan Christie (Indonesia) saat berlaga di ajang Daihatsu Indonesia Masters 2020 BWF World Tour Super 500.
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionnya Mainaky mengatakan bahwa tiga turnamen seri Asia 2020 yang bakal berlangsung di Bangkok, Thailand mulai 12 hingga 31 Januari 2021 mendatang, sejatinya bakal menjadi ajang tolok ukur bagi para pebulutangkis Indonesia. Sebab, Rionny ingin melihat perkembangan setiap atletnya setelah hampir sepuluh bulan vakum dari kompetisi internasional akibat wabah virus korona.

“Sekarang di setiap turnamen diwajibkan untuk karantina, jadi di dua turnamen di Thailand ini ada yang mau kami lihat secara keseluruhan,” kata Rionny Mainaky mengutip dari BolaSport.com.

Rionny menuturkan bahwa dia akan sangat memerhatikan progres setiap atletnya, mulai dari segi fisik, teknik, keterampilan hingga mental dalam pertandingan. Apalagi, tiga turnamen seri Asia ini merupakan kompetisi internasional pertama yang diikuti tim bulutangkis Indonesia sejak pertengahan Maret 2020 lalu.

“Kami lihat dari sisi peningkatan motivasi dan semangatnya seperti apa, fisiknya (daya tahan), mental, kesabaran, serta keterampilan mereka di lapangan,” tuturnya.

Bukan cuma itu, ketenangan dalam menghadapi lawan juga akan menjadi salah satu aspek yang diperhatikan Rionny. Menurutnya, apabila semua atlet bisa berusaha keras menampilkan permainan terbaiknya, maka mereka akan bisa tampil bagus pada seri Asia ini.

“Tak lupa peningkatan ketenangan dalam mengatasi tekanan-tekanan di lapangan karena mereka kan sudah lama sekali tidak tampil dalam ajang internasional. Sehingga kami tahu bagaimana persiapan selama ini yang dilakukan mereka bisa tampil maksimal atau tidak,” tandasnya.