Seleknas PBSI 2023 - Jaya Raya Mendominasi

Adrian Pratama/Jonathan Farrell Gosal (Djarum Badminton)
Adrian Pratama/Jonathan Farrell Gosal (Djarum Badminton)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Para wakil Jaya Raya Jakarta di nomor tunggal putra, tunggal putri, dan tunggal putra, berhasil menjuarai Seleksi Nasional (Seleknas) PBSI 2023 yang berlangsung pada 15-17 Januari 2024 di pelatnas PP PBSI, Cipayung, Jakarta. Sementara, gelar juara lainnya pada nomor ganda campuran dan ganda putri diraih oleh para wakil dari Power Rajawali Tangerang/PB 67 Tangerang dan PB Djarum.

Adrian Pratama/Jonathan Farrell Gosal, unggulan kedua asal Jaya Raya Jakarta, berhasil mewujudkan impian mereka setelah memastikan tiket masuk ke gerbang Cipayung. Di partai final, Adrian/Jonathan sukses menekuk unggulan pertama, Emanuel Joseph Surya Hartono/Muhammad Voyage Afrisal Mahendra (PB Djarum) dengan skor 21-19, 21-13.

"Persaingan sendiri yang ikut seleknas, peringkat satu sampai tujuh itu sudah sangat merata. Tadi saya cuma ingin memberikan permainan yang terbaik dan akhirnya bisa juara. Mimpi saya masuk ke pelatnas bisa tercapai. Cuma kemenangan ini baru langkah awal," kata Jonathan melalui siaran pers Humas PP PBSI.

"Kami hanya mencoba yang terbaik dan main tanpa beban. Kami bermain maksimal dan mencoba yang terbaik dan hasilnya bisa juara," ujar Adrian.

Di sektor tunggal putra Bismo Raya Oktora (Jaya Raya Jakarta) menjadi yang terbaik. Unggulan keempat ini menang atas Hendry Leander (PB Djarum) dengan skor 23-21, 16-21, 21-14. "Terima kasih kepada pelatih dan orangtua. Saya merasa senang dengan keberhasilan yang memang saya impikan dari kecil bisa terwujud dengan menjadi juara seleknas," tutur Bismo.

"Tadi kunci kemenangannya hanya bermain konsisten dan tidak ada strategi khusus," pengidola Anthony Sinisuka Ginting ini, menambahkan.

Sebelumnya, Bismo di semifinal yang berlangsung pagi hari mengalahkan Zidane Cahyo Nugroho (Yonex Sunrise Candra Wijaya) dengan dua gim langsung 25-23, 21-16. Sedangkan Hendry mengatasi perlawanan Ryan Putra Widyanto (Jaya Raya Jakarta) dengan skor 21-16, 22-20.

Sementara di tunggal putri, Ni Kadek Dhinda Amartya Pratiwi (Jaya Raya Jakarta) juga menjadi juara. Unggulan ketiga ini berhasil mengalahkan Kavitha Nadjwa Aulia (Mansion Exist Badminton Club) lewat straight games 21-17, 23-21.

"Senang sekali dengan keberhasilan bisa juara seleknas. Saya akhirnya bisa lolos ke pelatnas yang menjadi impian saya. Tadi semuanya berjalan kancar dan saya juga dalam kondisi enak dan tidak ada kendala," Dhinda, menjelaskan.

Dhinda, di semifinal, menundukkan Zahra Rahma Kartina (Pelatkot Tangerang Selatan) dua gim langsung 21-12, 21-16. Sementara Kavitha maju ke final usai sukses menyingkirkan Shandy Tirani Mahesi (PB Djarum) dua gim langsung 22-20, 21-9.