SBOT 2023 - Marcus Fernaldi Gideon Bangga dengan Pencapaian Dave

Dave Valentino Kurniawan (Djarum Badminton)
Dave Valentino Kurniawan (Djarum Badminton)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Atlet spesialis ganda putra Marcus Fernaldi Gideon tampak tak bisa melepaskan perhatiannya dari Lapangan 2, arena pertandingan final tunggal putra antara unggulan ke-10 Dave Valentino Kurniawan dan unggulan keempat Alif M Akbar. Dave merupakan atlet Indihome Gideon Badminton Academy, klub bulu tangkis yang dibina oleh Marcus, pemain nasional yang kondang dengan sebutan "Minions".

Pada laga puncak Scarlett Badminton Open Tournament (SBOT) 2023 kategori Tunggal Pemula Putra yang berlangsung di GOR Nanggala, Cijantung, Jakarta, Sabtu (23/9) tersebut, Dave harus mengakui keunggulan Alif asal PB Djarum. Ia kalah tiga gim 21-16, 15-21, 13-21 setelah bertarung selama 57 menit.

"Tadi penampilan Dave cukup tenang. Walau dia di klub belum lama, tapi perkembangannya cukup pesat. Dari yang dulu bermain sering mengalami kekalahan di babak awal turnamen, tapi di turnamen ini dia bisa berhasil tembus sampai final. Itu yang membuat saya sebagai pembina, bangga dengan pencapain Dave," kata Marcus kepada wartawan. .

"Tapi, masih banyak kekurangannya Dave. Dan lawannya bagus juga dan dari klub besar juga. Jadi kita masih banyak evaluasi yang akan kita omongkan ke Dave," tambahnya.

Di sisi lain Marcus juga mengomentari atmosfir persaingan yang cukup ketat pada turnamen swasta nasional ini. Secara umum ia menilai, turnamen ini merupakan salah satu ajang yang tepat untuk mencari bibit-bibit atlet muda dan berprestasi. "Kalau saya lihat, sangat banyak atlet-atlet berpotensial. Dan minat bulu tangkis di Indonesia ini terus meningkat. Banyak sekali di antara anak-anak ini yang pengin jadi pemain profesional," jelas atlet yang bersama pasangannya, Kevin Sanjaya Sukamuljo, menjuarai All England 2017 dan 2018.

"Kalau dilihat dari segi kualitas, jika dibanding dengan waktu saya mulai dulu, sekarang, sih, jauh lebih baik," demikian Marcus.