Rian Ardianto: Masing-masing Pemain Punya Ciri Khas dan Keistimewaannya Sendiri

Pemain ganda putra Indonesia, Muhammad Rian Ardianto.
Pemain ganda putra Indonesia, Muhammad Rian Ardianto.
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Pebulutangkis ganda putra Indonesia, Muhammad Rian Ardianto punya pandangan tersendiri perihal tiga pemain ganda putra terbaik saat ini. Menurut Rian, tiga pemain tersebut juga jadi perhatian khusus buat dia dalam meningkatkan motivasi performa di lapangan. Apalagi mereka masih sama-sama bersaing di level atas dunia. Tapi, Rian juga mengakui bahwa ketiga pemain terbaik versinya itu memiliki ciri khas dan keistimewaan masing-masing yang tentu saja tidak mudah dikalahkan.

Ketiga pemain yang dimaksud Rian adalah Kevin Sanjaya Sukamuljo, Hendra Setiawan dan Lee Yong Dae (Korea Selatan). Menurut Rian, Lee Yong Dae merupakan pemain berpengalaman yang mampu tampil dengan sangat tenang, tidak mudah membuat kesalahan dan memiliki pukulan yang aman.

Bersama dengan pasangannya, Fajar Alfian, Rian pernah sekali bentrok dengan Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong. Tapi itu terjadi sekitar lima tahun lalu, tepatnya pada kejuaraan China Masters 2016. Fajar/Rian belum mampu berbicara banyak dan harus menelan kekalahan 13-21 dan 21-23. “Walaupun sedang tertekan, dia (Yong Dae) bisa tenang dan menetralkan situasi lagi dan balik menyerang lawan,” ujar Muhammad Rian Ardianto mengutip dari Bolalob.com.

Selanjutnya Hendra Setiawan. Di mata Rian, seniornya itu merupakan sosok pemain yang ringkas dan efisien dalam setiap pergerakannya. Bahkan diakui Rian, penempatan-penempatan pengembalian shuttlecock Hendra selalu akurat. “Koh Hendra mainnya nggak banyak gerak, tapi penempatan bolanya bagus,” ungkapnya.

Terakhir, Rian mengatakan bahwa Kevin Sanjaya Sukamuljo adalah pemain ganda putra terbaik dunia dalam beberapa tahun ke belakang hingga sekarang. Menurut dia, Kevin nyaris memiliki semua kemampuan yang dibutuhkan pemain ganda putra, mulai dari kecepatan, akurasi pukulan hingga pertahanan.

“Kevin mainnya cepat, dia juga bisa menebak arah bola dengan bagus. Dia tahu bola bakal kemana, lalu dia dicegat duluan. Sama tanggannya Kevin juga bagus,” beber pemain ganda putra ranking tujuh dunia tersebut.