Kevin: Turnamen yang Kami Ikuti Sudah Selesai

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Rahmat Hidayat (Humas PP PBSI)
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Rahmat Hidayat (Humas PP PBSI)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Kevin Sanjaya Sukamuljo/Rahmat Hidayat menyudahi perjalanan singkat mereka pada tahun ini dengan catatan tiga kemenangan dan dua kekalahan dari dua turnamen yang mereka ikuti. Tak hanya bagi Rahmat, seniornya pun merasa masih perlu belajar dari semua pertandingan, terutama dari setiap kekalahan, guna menjadi lebih baik di masa mendatang.

"Setelah tampil di Korea Masters dan Jepang Masters ini masih banyak yang harus ditingkatkan untuk bisa bersaing di level atas," kata Kevin, seusai pertandingan babak 16 besar melawan He Ji Ting/Ren Xiang Yu asal China, Kamis (16/11).

Kevin/Rahmat mengawali turnamen BWF World Tour Super 500 ini melalui babak kualifikasi. Mereka menang atas Chiang Chien-Wei/Wu Hsuan-Yi asal Taiwan dengan skor identik 21-13, 21-13 dalam tempo 28 menit, di Kumamoto Prefectural Gymnasium, Kumamoto, Jepang.

Memasuki babak utama, Kevin/Rahmat bertemu Goh Sze Fei/Nur Izzuddin. Pasangan anyar "Merah Putih" ini menang dua gim langsung 21-19, 21-14 atas wakil negeri jiran tersebut. Di babak 16 besar, Kevin/Rahmat kalah dua gim langsung 10-21, 17-21. "Turnamen di Korea dan Jepang, kan, juga menjadi tolok ukur sampai di mana kami bisa bersaing," jelas atlet asal Banyuwangi, Jawa Timur tersebut.

"Tahun ini, turnamen yang kami ikuti sudah selesai. Kami tidak tampil di India. Untuk tahun depan kita lihat saja nanti bagaimana," Kevin, menjelaskan.

Sementara, Rahmat berujar,"Bisa berpasangan untuk pertama kalinya dengan Mas Kevin pada turnamen level atas, bagi saya itu sudah begitu menggembirakan."

Penampilan Kevin/Rahmat pada babak 16 besar Korea Masters 2023 mencatat jumlah yang cukup tinggi. Sebanyak 86,807 penonton menyaksikan laga antara Kevin/Rahmat dan Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan melalui situs berbagi video YouTube. Namun, Kevin/Rahmat kalah dari pasangan Taiwan tersebut dengan skor 21-14, 21-23, 16-21.

Kekalahan itu dialami Kevin/Rahmat seusai meraih match point 20-18 pada gim kedua. Lee/Yang memaksakan rubber game setelah kehilangan gim pertama, lalu berhasil merebut tiket ke perempat final.

Sebelumnya, Kevin/Rahmat menang atas pasangan tuan rumah Jin Yong/Ki Dong Ju pada Selasa (7/11). Namun, pada pertandingan debut mereka, Ki mengalami cedera di gim kedua dan akhirnya memutuskan mundur setelah bertarung selama 33 menit. Pasangan anyar "Merah Putih" itu menang 21-18, 17-11.