Kejurnas PBSI 2023 - DKI Jakarta Juara Umum

Isyana Syahira Meida/Rinjani Kwinara Nastine (Djarum Badminton)
Isyana Syahira Meida/Rinjani Kwinara Nastine (Djarum Badminton)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) PBSI Perorangan Taruna dan Dewasa 2023 selesai digelar Sabtu (23/12) di GOR Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun, Jakarta Timur. DKI Jakarta keluar sebagai juara umum dengan enam gelar juara, sementara Jawa Tengah (Jateng) membawa pulang empat gelar juara.

Turnamen yang berlangsung sejak Senin (18/12) itu digelar untuk menjaring bibit-bibit pebulu tangkis yang berpotensi masuk pelatnas PP PBSI. Dipertandingkan lima nomor, baik di kelompok taruna maupun dewasa.

Sekretaris Jendral PP PBSI Fadil Imran memberikan apresiasi buat atlet-atlet yang bertanding dan meraih kesuksesan dengan meraih gelar juara. Pada edisi 2023, tercatat 610 atlet dari 32 Pengurus Provinsi (Pengprov) turut serta meramaikan ajang Kejurnas PBSI 2023. "Ajang Kejurnas PBSI 2023 diikuti sebanyak 610 atlet dari 32 Pengprov. Beberapa daerah seperti Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, dan Maluku tidak ambil bagian," ujar Fadil melalui siaran pers Humas PP PBSI.

"Kejurnas PBSI 2023 menjadi ajang untuk membangun atlet ke depannya supaya nantinya bisa mencapai performa maksimal," tambahnya.

Fadil berharap, tahun depan agar banyak turnamen digelar di luar yang biasa diselenggarakan oleh PBSI untuk bisa lebih menjaring atlet-atlet muda potensial. "Saya berharap ke depannya ajang seperti ini bisa banyak digelar dan digelorakan. Terima kasih dukungan dari sponsor yang terus mendukung kegiatan PBSI termasuk Kejurnas PBSI 2023," tambah Fadil.

Pemain-pemain yang menjadi juara di Kejurnas PBSI 2023 kategori mendapat kesempatan untuk mengikuti Seleksi Nasional (Seleknas) yang akan berlangsung 17 Januari mendatang.

Adapun untuk pemain juara kategori dewasa yang masih berusia di bawah 19 tahun berkesempatan masuk pelatnas PP PBSI di Cipayung, dengan menghadapi pebulu tangkis berperingkat paling bawah di level nasional.

Tak hanya kesempatan masuk pelatnas, hadiah uang tunai untuk dewasa total sebesar Rp400 juta dan taruna senilai Rp300 juta.

Berikut para juara Kejurnas PBSI Perorangan Taruna dan Dewasa 2023:

Kelompok Taruna

  • Tunggal Putra: Moh. Zaki Ubaidillah (Jawa Tengah)
  • Tunggal Putri: Azzahra Melani Arjisetya (DKI Jakarta)
  • Ganda Putra: Dexter Farrell/Wahyu Agung Prasetyo (DKI Jakarta)
  • Ganda Putri: Isyana Syahira Meida/Rinjani Kwinara Nastine (Jawa Tengah)
  • Ganda Campuran: Kleopas Binar Putra Prakoso/Rachel Agnesia Sabatini (DKI Jakarta)

Kelompok Dewasa

  • Tunggal Putra: Muhammad Hakim As Sidiq (DKI Jakarta)
  • Tunggal Putri: Fitriani (DKI Jakarta)
  • Ganda Putra: Akbar Bintang Cahyono/Bobby Setiabudi (Jawa Tengah)
  • Ganda Putri: Anggia Shitta Awanda/Putri Larasati (DKI Jakarta)
  • Ganda Campuran: Bobby Setiabudi/Melati Daeva Oktavianti (Jawa Tengah)