Format Beregu Sukses di Gelar, Liga PB Djarum 2020 Langsung Mainkan Nomor Perorangan

Moh. Zaki Ubaidillah menyambut pengembalian.
Moh. Zaki Ubaidillah menyambut pengembalian.
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Liga PB Djarum 2020 kategori beregu putra dan putri telah sukses digelar. Tim Krapyak keluar sebagai juara beregu putra usai mengalahkan tim Ploso di partai puncak dengan skor 3-2. Sementara pada kategori beregu putri, podium tertinggi sukses direbut tim Kaliyetno setelah mampu menyapu bersih lima kemenangan sepanjang gelaran Liga PB Djarum 2020.

Bila pada Juli lalu Liga PB Djarum 2020 hanya memainkan nomor perorangan, kali ini kejuaraan internal yang berlangsung di GOR Djarum Jati, Kudus, Jawa Tengah itu coba menghadirkan atmosfer baru dengan mempertandingkan kategori beregu putra dan putri. Untuk itu, Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation sekaligus Ketua PB Djarum Kudus, Yoppy Rosimin mengatakan bahwa format ini perlu dilakukan guna menguji daya juang setiap atlet binaan PB Djarum Kudus.

“Selain individu, atlet-atlet muda ini juga perlu dibiasakan untuk bertanding secara beregu. Berdasarkan pengalaman para legenda bulutangkis Indonesia, tekanan beregu itu sangat berbeda dengan individu. Di masa mendatang, diharapkan para atlet PB Djarum sudah terbiasa dengan format beregu dari berbagai turnamen di dalam negeri maupun mancanegara,” kata Yoppy Rosimin dalam siaran pers yang diterima Djarumbadminton.com.

“Pada pertandingan beregu ini, meskipun tim sudah meraih tiga kemenangan, pertandingan akan tetap dimainkan sampai partai kelima. Hal tersebut dikarenakan untuk menambah jam terbang para atlet dan mengasah ketahanan fisik mereka,” sambungnya menambahkan.

Sementara itu, hal serupa juga diungkapkan Manajer Tim PB Djarum Kudus, Fung Permadi. Menurut Fung, dengan tetap memainkan lima partai, para atlet diharapkan bisa terus memperlihatkan permainan terbaiknya, terlepas dalam kondisi apapun. “Kesempatan ini bukan sekadar melihat si atlet menang atau kalah, tapi juga kesempatan bagi mereka untuk bermain sebanyak-banyaknya,” tutur Fung Permadi.

“Bagi PB Djarum, kebutuhan yang paling mendasar setelah sekian lama berlatih adalah pertandingan. Lima partai pada kategori beregu ini merupakan solusi kami untuk mengisi kekosongan turnamen atau kejuaraan di saat pandemi ini,” lanjutnya menjelaskan.

Mulai besok (10/12) hingga 13 Desember mendatang, Liga PB Djarum 2020 akan memainkan nomor perorangan, mulai dari kelompok usia U-11, U-13, U-15, U-17, U-19 dan Dewasa baik di sektor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri serta ganda campuran.