Bobby Setiabudi Tinggalkan Sektor Tunggal

Bobby Setiabudi (Djarum Badminton)
Bobby Setiabudi (Djarum Badminton)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Bobby Setiabudi tak lagi menghuni pelatnas PP PBSI. Ia kemudian muncul pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) PBSI 2023 dan turun di dua nomor ganda. Atlet kelahiran Situbondo, Jawa Timur ini memastikan telah meninggalkan sektor tunggal. Ia kemudian berpasangan dengan Akbar Bintang Cahyono di nomor ganda putra serta Melati Daeva Oktavianti di nomor ganda campuran pada ajang turnamen nasional tersebut.

"Kalau ninggalin single sudah fixed, sih," ungkap peraih keping perunggu SEA Games Vietnam 2022 ini kepada Djarum Badminton, di sela-sela ajang Kejurnas PBSI  2023 di GOR UNJ, Rawamangun, Jakarta, pada pekan lalu.

Pada Kejurnas PBSI 2023, Bobby/Akbar, yang berada di bawah naungan klub PB Djarum, turun mewakili Jawa Tengah. Mereka berhasil menempati podium teratas Ganda Dewasa Putra setelah di final menang 21-16, 28-26 atas wakil Jawa Barat, Hardianto/Reinard Dhanriano, dalam tempo 43 menit.

Sementara di sektor ganda campuran, Bobby/Melati mengawali Kejurnas PBSI 2023 dari babak 64 besar. Mereka mencapai final dengan mengalahkan Abdul Kadir Zailani/Muzammil Elya Tantri (Kaltim), Muhammad Poetra Ajimas Oedin/Gloria Keren Adi Chandra (DKI Jakarta), Rezha Arzhan Hidayat/Monika Insany (DI Yogyakarta), dan Erwin Rendana Purnomo/Elok Machsunnah (Jawa Timur), dan Danang Dwi Septiadi/Anggia Shitta Awanda (DKI Jakarta).

Bobby/Melati merebut gelar juara Ganda Dewasa Campuran Kejurnas PBSI 2023 setelah mengalahkan wakil Jawa Tengah lainnya, Akbar Bintang Cahyono/Marsheilla Gischa Islami, dengan skor 21-13, 22-20 dalam tempo 26 menit.

Bobby memastikan, ia akan bermain ganda di masa mendatang. Namun, ia merasa masih banyak hal yang perlu dibenahi guna memantapkan karier barunya di sektor ganda. "Masih banyak kesalahan, ya. Terutama bagi saya yang datang dari single ke mixed dan double. Masih harus banyak latihan lagi, terutama bagi saya yang dari single ke double," katanya.

"Saya bersyukur bisa juara di sini. Cuma belum sampai bagus banget, lah, karena masih di indonesia. Targetnya kita, kan, dunia. Jadi masih banyak yang perlu dipelajari. jadi tetap semangat aja untuk latihannya," Bobby, menambahkan.

Selepas Kejurnas PBSI 2023, Bobby dihadapkan dengan dua pilihan untuk perjalanan berikutnya di sektor  ganda. "Kalau main double atau mixed, kita belum paham ya. Kalau double-nya juga belum tahu partnernya siapa. Tapi kalau mixed-nya, kan, ada Kak Meli (Melati Daeva Oktavianti). Tapi belum tahu nih tahun depannya turnamen apa atau apa  yang disarankan," pungkasnya.