Uber Cup 2022 - Tiva Lanjutkan Tren Kemenangan

Aisyah Sativa Fatetani (Humas PP PBSI)
Aisyah Sativa Fatetani (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Bangkok | Aisyah Sativa Fatetani harus menempuh tiga gim selama 52 menit hingga akhirnya berhasil meraih kemenangan keduanya di Piala Uber 2022, Selasa (10/5), saat berhadapan dengan Ann-Kathrin Spoeri. Tiva --sapaan akrabnya-- menang 21-7, 14-21, 21-14 atas wakil Jerman tersebut, pada pertandingan penyisihan Grup A di Impact Arena, Bangkok, Thailand.

"Syukur Alhamdulillah bisa menang, saya menyumbangkan poin dan memastikan Indonesia unggul 3-0 atas Jerman dan maju ke perempat final. Tinggal besok ketemu Jepang untuk menentukan siapa juara grup," jelas Tiva, dalam keterangan pers Humas PP PBSI.

Atlet kelahiran Purwokerto, Jawa Tengah, ini, mengaku dapat langsung beradaptasi dengan lapangan pada gim pertama. "Saya langsung 'in'," katanya, seraya menambahkan, "sementara lawan masih mencari-cari bentuk permainan. Kesempatan itu saya gunakan dengan baik." Alhasil, Tiva menang mudah pada gim pertama.

Namun, menurut Tiva, Spoeri mengubah pola permainan pada gim kedua. Pebulu tangkis berperingkat 217 dunia itu tampil lebih agresif dan cepat. "Dia lebih menyerang, sementara pola serang balik dari saya justru tidak berhasil," tuturnya.

Sebelum kembali memasuki arena untuk bertarung di gim penentu, Tiva, yang kini menempati peringkat 329 dunia, memutuskan untuk menggunakan lagi pola yang diterapkannya pada gim pertama. "Saya coba membuka-buka serangan dahulu di gim ketiga," katanya.

"Begitu ada kesempatan, langsung serang untuk menghasilkan angka," demikian Tiva.