Thomas & Uber Cup 2024 - Skuad Indonesia Gelar Latihan Perdana

Bagas Maulana & Muhammad Shohibul Fikri (Humas PP PBSI)
Bagas Maulana & Muhammad Shohibul Fikri (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Chengdu | Tim Piala Thomas dan Uber Indonesia menggelar latihan perdana di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium pada Kamis (25/4) siang. Latihan selama kurang lebih 3,5 jam itu dimanfaatkan skuad "Merah Putih" untuk beradaptasi dan pengembalian kondisi, menjelang Piala Thomas dan Uber 2024 pada 27 April-5 Mei.

Manajer tim Ricky Soebagdja yang memimpin langsung menceritakan jalannya latihan. "Setelah tiba kemarin siang, saya memang memberikan waktu bebas aktif untuk para atlet. Bebas dalam hal ini adalah untuk istirahat atau bila ingin latihan ringan dipersilahkan," ungkap Ricky melalui siaran pers Humas PP PBSI.

"Baru siang ini tim Thomas dan Uber menggelar latihan gabungan di lapangan latihan dan arena pertandingan. Saya tekankan untuk latihan tadi bisa dipergunakan secara maksimal," Ricky, menambahkan.

Ricky juga menjelaskan, kondisi para atlet cukup baik. Dengan penuh semangat mereka melahap semua menu latihan yang ditawarkan oleh pelatih. "Kondisi anak-anak cukup baik dan semoga terus seperti itu. Sehat dan tidak ada sesuatu apapun sehingga bisa konsentrasi di sisa latihan sebelum laga perdana," kata Ricky.

Baik tim Thomas maupun Uber Indonesia masih memiliki kesempatan satu kali lagi latihan pada Jumat (26/4) sebelum menjalani laga pembuka pada Sabtu (27/4).

Untuk Piala Thomas 2024, Indonesia mengirim Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Chico Aura Dwi Wardoyo, dan Alwi Farhan untuk sektor tunggal, sementara sektor ganda diisi oleh Fajar Alfian, Rian Ardianto, Leo Rolly Carnando, Daniel Marthin, Bagas Maulana, dan Muhammad Shohibul Fikri.

Pada tahun ini, tim Thomas Indonesia menempati unggulan 3/4. Perjalanan tim putra ini terhenti di perempat final dalam Badminton Asia Team Championships 2024 di Selangor, Malaysia, pada Februari lalu. Turnamen ini merupakan proses kualifikasi menuju Piala Thomas. Namun, Indonesia tetap berhak ke putaran final melalui jalur peringkat terbaik.

Sementara, tim Indonesia pada Piala Uber 2024 sebagai unggulan 5/8. Gregoria Mariska Tunjung, Komang Ayu Cahya Dewi, Ester Nurumi Tri Wardoyo, dan Ruzana mengisi di sektor tunggal, serta Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti, Meilysa Trias Puspitasari, Rachel Allessya Rose, Ribka Sugiarto, dan Lanny Tria Mayasari, di sektor ganda. Tim putri dipastikan lolos ke putaran final di Chengdu setelah melaju ke semifinal di Selangor.