Thomas & Uber Cup 2024 - Ini Alasan di Balik Pemilihan Ruzana dan Rachel/Trias

Ruzana (Humas PP PBSI)
Ruzana (Humas PP PBSI)
Thomas & Uber Cup ‐ Created by EL

Jakarta | Putri Kusuma Wardani dan Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi tidak masuk dalam skuad Indonesia pada Piala Uber 2024. PP PBSI menegaskan, hasil dan performa dari para pemain pelatnas bulu tangkis Indonesia pada sejumlah turnamen, menjadi tolok ukur dalam menentukan pemain-pemain yang memperkuat tim Indonesia pada Piala Thomas dan Uber 2024, 27 April-5 Mei, Chengdu, China.

"Kembali lagi berdasarkan hasil diskusi dengan pelatih akhirnya diputuskan bersama untuk memasukkan beberapa pemain-pemain muda," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Ricky Soebagdja melalui siaran pers Humas PP PBSI, Rabu (17/4) petang WIB.

"Bukan hanya untuk memberikan jam terbang untuk mereka tapi bagaimana hasil di beberapa turnamen terakhir sehingga kami memilih Ruzana dan Rachel/Trias untuk masuk ke dalam tim, menggantikan Putri Kusuma Wardani dan Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi," Ricky, menambahkan.

Di tim Thomas, Indonesia menurunkan kekuatan terbaik. Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Chico Aura Dwi Wardoyo, dan Alwi Farhan, di nomor tunggal, kemudian Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Bagas Maulana, Muhammad Shohibul Fikri, Leo Rolly Carnando, dan Daniel Marthin, di nomor ganda.

Sementara di tim Uber, kombinasi pemain senior dan pemain muda menghiasi tim "Merah Putih". Di nomor tunggal ada Gregoria Mariska Tunjung, Ester Nurumi Tri Wardoyo, Komang Ayu Cahya Dewi, dan Ruzana, menjadi andalan. Sementara di nomor ganda diisi Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti, Ribka Sugiarto, Lanny Tria Mayasari, Rachel Allessya Rose, dan Meilysa Trias Puspitasari.

"Baik di Piala Thomas maupun Uber, pemilihan pemain sudah berdasarkan hasil diskusi dengan para pelatih dan juga Koh Christian (Hadinata). Bagaimana keseharian di pelatnas, kondisi terkini hingga performa di beberapa pertandingan terakhir," demikian Ricky.