Thomas Cup 2022 - Siapakah Tandem Kevin di Bangkok?

Kevin Sanjaya Sukamuljo (Humas PP PBSI)
Kevin Sanjaya Sukamuljo (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Dalam catatan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), sepanjang karier profesionalnya, Kevin Sanjaya Sukamuljo pernah dipadukan dengan 14 pemain. Daniel Marthin hampir menjadi pasangan Kevin yang ke-15. Namun, regu putra Indonesia telah unggul 3-0 atas China dan keluar sebagai juara Piala Thomas 2020, sebelum Kevin/Daniel turun di partai keempat final kejuaraan beregu tersebut.

Selain nama Marcus Fernaldi Gideon, terdapat Arya Maulana Adiartama, Mohammad Ahsan, Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira, Selvanuh Geh, Maretha Dea Giovani, Della Destiara Haris, Ni Ketut Mahadewi, Felix Kinasal, Masita Mahmudin, Lukhi Apri Nugroho, Rafiddias Akhdan Nugroho, Greysia Polii, serta Alfian Eko Prasetya.

Namun, Kevin/Marcus yang menjadi idola masyarakat Indonesia hingga dilabeli julukan "Minions", seiring prestasi mereka merajai gelanggang ganda putra. Hingga saat ini, ganda putra andalan Indonesia itu masih berada di puncak peringkat BWF, yang telah berlangsung selama 192 pekan!

Usai menjalani tur Eropa, kabar buruk datang. Marcus harus terbang ke Portugal dan naik meja operasi, guna menghilangkan tulang kecil yang tumbuh pada pergelangan kaki kanan dan kirinya. Tulang kecil inilah yang mengganggu penampilan Marcus di turnamen-turnamen sebelumnya.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky menyebutkan, selain Korea Open 2022, Marcus juga akan absen dari Kejuaraan Bulu Tangkis Asia atau Badminton Asia Championships (BAC) 2022. Nama atlet spesialis ganda berusia 31 tahun itu juga tidak ada di dalam daftar regu putra "Merah Putih" yang akan bertarung mempertahankan gelar juara di Piala Thomas 2022, di Bangkok, Thailand, 8-15 Mei.

"Untuk tim Thomas memang ada sedikit perubahan dibandingkan tahun lalu. Leo/Daniel dan Chico akan difokuskan ke SEA Games dan Marcus masih dalam tahap pemulihan pascaoperasi. Jadi kami ganti dengan Bagas/Fikri dan Syabda. Kami juga masukkan Tegar untuk pengalaman dia ke depan," jelas Rionny, dalam siaran pers Humas PP PBSI, Senin (18/4).

"Tapi, walau begitu, kualitas tim Thomas tetap sama dan yakin bisa mempertahankan gelar," Rionny, menambahkan.

Berdasarkan daftar pemain putra Indonesia yang ditetapkan oleh PP PBSI, pada sektor ganda ada Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, serta Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri. Sementara, para pemain tunggal Indonesia adalah Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, Syabda Perkasa Belawa, dan Tegar Sulistio.

Lantas, siapakah pasangan Kevin di kejuaraan dunia beregu tersebut?