Thomas Cup 2022 - Kondisi Fisik Pengaruhi Performa di Final

Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky menjelaskan, faktor utama kegagalan Indonesia dalam mempertahankan gelar juara Piala Thomas di Bangkok, Thailand. Menurutnya, tim Thomas Indonesia yang diisi para pemain utama dan senior berada dalam kondisi kurang maksimal saat mencapai final. Sebaliknya, India, yang baru kali pertama lolos ke final hadir dengan kondisi fisik prima.

"Saya lihat teman-teman di Piala Thomas sudah maksimal, tapi sayang di final ada kendala seperti Jonatan (Christie) misalnya kaki kirinya tidak enak, begitu juga Ginting mungkin ada sesuatu tapi dia memaksakan untuk terus berjuang," jelasnya, seperti diwartakan Antara, Kamis (26/5).

Saat memantau kinerja tim Thomas, Rionny turut memperhatikan kesiapan tim India saat akan menghadapi Indonesia yang berstatus juara bertahan. Kondisi fisik yang kurang baik, diakuinya, menjadi kendala bagi skuad "Merah Putih" saat berupaya mempertahankan gelar.

Gagalnya tim Thomas Indonesia di Bangkok, diharapkan bisa menjadi bahan evaluasi bagi tiap individu agar bisa tampil lebih prima pada turnamen selanjutnya, termasuk di Indonesia Masters dan Indonesia Open. "Saya harap mereka lebih siap, jadi kita jangan santai lagi untuk menghadapi lawan," katanya.

"Kemarin, mungkin juga masih ada lengah karena status juara bertahan, tapi setelah ini harus jadi pelajaran untuk tim," demikian Rionny.