Swiss Open 2023 - Tren Kemenangan Putri KW Berakhir

Putri Kusuma Wardani (Humas PP PBSI)
Putri Kusuma Wardani (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Putri Kusuma Wardani gagal lolos ke semifinal Swiss Open 2023 setelah gagal membendung laju unggulan keenam dari Thailand, Pornpawee Chochuwong. Berlaga di babak delapan besar yang berlangsung di St. Jakobshalle, Basel, Swiss, Jumat (24/3), tunggal putri Indonesia berperingkat 38 dunia itu kalah dua gim langsung 12-21, 14-21 dalam tempo 36 menit.

"Saya kurang puas dengan penampilan saya hari ini. Sebenarnya pola mainnya sama, karena dari gim pertama sama gim kedua, saya seperti mencoba bermain satu-satu juga," tanggap Putri, dalam keterangan pers Humas PP PBSI, Sabtu (25/3) dini hari WIB.

Lebih lanjut atlet asal klub PB Exist itu menyatakan, pola permainan melawan Pornpawee ia serupa dengan pola permainan kalah berhadapan dengan Pusarla V. Sindhu di babak 16 besar. Namun, Pornpawe seolah sudah membaca taktik yang digunakan Putri. "Lawan kali ini juga tidak mau ikut pola permainan yang saya kembangkan. Jadi, dia seperti malah balik bisa bermain lebih cepat," katanya.

"Saya mencoba satu-satu seperti kemarin. Kalau kemarin itu Sindhu bisa masuk ke pola permainan saya. Sementara lawan Pornpawee ini, saya sebenarnya sudah mencoba membawa dia ke pola saya. Cuma, satu atau dua poin dia bisa terbawa, tetapi setelah itu, dia bisa balik ke pola permainannya sendiri," Putri, menjelaskan.

Alhasil, lanjut Putri, lawan pun dapat mengembangkan pola permainan dan bermain lebih agresif.

Berkat kemenangan ini, Pornpawe melaju ke babak empat besar dan akan bertemu pebulu tangkis putri Indonesia lainnya, Gregoria Mariska Tunjung.