Swiss Open 2023 - Leo/Daniel dan Lanny/Ribka Tersisih

Meilysa Trias Puspita Sari/Rachel Allessya Rose (Humas PP PBSI)
Meilysa Trias Puspita Sari/Rachel Allessya Rose (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by

Jakarta | Dua ganda putri Indonesia, Meilysa Trias Puspita Sari/Rachel Allessya Rose dan Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto, serta ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, tersingkir dari Swiss Open 2023. Meilysa/Rachel kalah dua gim langsung pada laga babak kualifikasi Selasa (21/3) di St. Jakobshalle, Basel, Swiss. Leo/Daniel dan Lanny/Ribka kandas di babak pertama turnamen level BWF World Tour Super 300 tersebut.

Trias/Rachel kalah bersaing dengan ganda putri Jepang Sayaka Hobara/Yui Suizu, dan menyerah dua gim langsung1 3-21, 7-21 dalam pertandingan berdurasi 35 menit.

Selain itu, tim bulu tangkis Indonesia juga harus kehilangan satu wakilnya setelah tercipta laga sesama ganda putri Indonesia pada babak pertama, yang mempertemukan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi (Ana/Tiwi) dengan Lanny/Ribka. Laga tiga gim tersebut dimenangkan oleh Ana/Tiwi.

Leo/Daniel juga gagal melaju ke babak berikutnya, setelah dikalahkan Jeppe Bay/Lasse Mølhede. Dalam tempo 38 menit, pasangan Denmark tersebut menyudahi perlawanan unggulan kelima Leo/Daniel lewat straight games 22-20, 24-22.

Sementara, juara ganda putra All England 2022 Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana dan ganda putri unggulan kedua Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, melaju ke babak 16 besar seusai mengemas kemenangan atas lawan-lawan mereka asal India. "Alhamdulillah pertandingannya berjalan cukup lancar, dan kami juga diberikan kemenangan, tanpa ada kendala ataupun cedera," kata Fikri, melalui keterangan pers Humas PP PBSI, Rabu (22/3) dini hari WIB.

"Tadi kunci kemenangannya kami berusaha fokus mencari poin demi poin dan berusaha mengurangi kesalahan sendiri," Fikri, menambahkan.

Berikut hasil pertandingan para wakil Indonesia di hari pembuka Swiss Open 2023:

  • Meilysa Trias Puspita Sari/Rachel Allessya Rose vs. Sayaka Hobara/Yui Suizu (Jepang) 13-21, 7-21
  • Jeppe Bay/Lasse Mølhede (Denmark) vs. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (5) 22-20, 24-22
  • Krishna Prasad Garaga/Vishnuvardhan Goud Panjala (India) vs. Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana (6) 16-21, 14-21
  • Treesa Jolly/Gayatri Gopichand Pullela (India) vs. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (2) 14-21, 14-21
  • Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi vs. Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto 19-21, 21-13, 21-14