Swiss Open 2022 - Rian: Bangga Akhirnya Bisa Juara Lagi

Fajar Alfian & Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Fajar Alfian & Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Di Basel, Swiss, sekitar tiga tahun lalu, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto keluar sebagai juara Swiss Open untuk kali pertama. Di kota dan tahun yang sama, ganda putra Indonesia itu meraih keping perunggu Kejuaraan Dunia 2019. Momen indah kembali terulang di St. Jakobshalle Basel setelah keduanya sukses menjadi kampiun Swiss Open 2022.

Fajar/Rian mengalahkan pasangan Malaysia, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin, dengan dua gim langsung 21-18, 21-19 dalam pertandingan final, Minggu (27/3). "Alhamdulillah, bersyukur dan bangga akhirnya bisa juara lagi," tanggap Rian, lewat keterangan pers Humas PP PBSI.

"Kita belajar dari pertandingan terakhir melawan mereka dan pelatih juga memberi gambaran karena sebelumnya lawan dua kali mengalahkan rekan kami (Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di perempat final dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan di semifinal). Jadi kita sudah ada gambaran pola apa yang harus diterapkan. Kuncinya bermain tenang dan fokus," Rian, menjelaskan.

Kemenangan tersebut sekaligus revans Fajar/Rian atas Goh/Nur. Pada pertemuan terakhir di Denmark Open 2021, Fajar/Rian kalah 18-21, 17-21.

Dengan hasil ini, Fajar/Rian menunjukkan perbaikan atas performa mereka seusai dua turnamen sebelumnya, German Open 2022 dan All England 2022, keduanya tampil kurang apik. Kerja keras harus terus dilakukan untuk tetap berada di level atas persaingan ganda putra.