Spain Masters 2023 - Satu Gelar Juara dari "Negeri Matador"

Gregoria Mariska Tunjung (Humas PP PBSI)
Gregoria Mariska Tunjung (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Tim bulu tangkis Indonesia menuntaskan turnamen bulu tangkis Spain Masters 2023, 28 Maret-2 April, dengan perolehan satu gelar juara melalui nomor tunggal putri serta satu gelar "runner-up" dari sektor ganda campuran. Selain Indonesia, Denmark dan Jepang masing-masing juga meraih satu titel kampiun. Sementara China memboyong dua gelar juara via nomor ganda putra dan ganda putri.

Juara ganda campuran Mathias Christiansen/Alexandra Bøje mampu menunjukkan performa terbaiknya sepanjang berlaga di Centro Deportivo Municipal Gallur, Madrid, Spanyol, ini. Gelar juara ini seolah membayar kegagalan pasangan Denmark ini pada Kejuaraan Bulu Tangkis Eropa setahun lalu.

"Kami tidak menyangka dengan hasil ini. Setahun lalu di sini, kami bertanding di Kejuaraan Eropa dan bermain sangat buruk dengan hasil yang sangat mengecewakan. Setahun kemudian di sini, ternyata, inilah turnamen kami," ujar Christiansen kepada Badminton Europe.

Jepang dan China sudah memastikan gelar juara pada sektor tunggal putra dan ganda putri, setelah tercipta laga sesama rekan senegara pada partai final. Sementara, gelar juara ganda putra menjadi milik China berkat kemenangan He Ji Ting/Zhou Hao Dong.

Gregoria Mariska Tunjung mencatatkan gelar juara pertamanya pada level BWF World Tour seusai mengalahkan wakil India, Pusarla V. Sindhu. Ia menang straight games atas unggulan kedua itu dengan skor 21-8, 21-8 dalam laga berdurasi 29 menit.

Berikut hasil pertandingan final Spain Masters 2023:

  • Mathias Christiansen/Alexandra Bøje (Denmark/8) vs. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (Indonesia) 22-20, 21-18
  • Chen Fang Hui/Du Yue (China) vs. Liu Sheng Shu/Tan Ning (China) 8-21, 21-16, 18-21
  • Kenta Nishimoto (Jepang/1) vs. Kanta Tsuneyama (Jepang/2)  15-21, 21-18, 21-19
  • Gregoria Mariska Tunjung (Indonesia/5) vs. Pusarla V. Sindhu (India/2) 21-8, 21-8
  • Fang-Chih Lee/Fang-Jen Lee (Taiwan) vs. He Ji Ting/Zhou Hao Dong (China) 5-21, 12-21