Spain Masters 2023 - Praveen/Melati Berupaya Kembali Menata Performa

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (Djarum Badminton)
Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Praveen Jordan sempat gusar karena harus bertemu ganda campuran senegara di babak pertama All England 2023 beberapa pekan lalu. Ia dan pasangannya Melati Daeva Oktavianti harus kembali melalui hal hampir serupa ketika bertemu Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati di perempat final Spain Masters 2023. Juara All England 2020 itu akhirnya keluar sebagai pemenang dan melaju ke babak empat besar pada Sabtu (1/4) di Centro Deportivo Municipal Gallur, Madrid, Spanyol.

Dari tiga wakil di perempat final, Indonesia hanya menyisakan satu pasangan pada semifinal nomor ganda campuran. Padahal, skuad bulu tangkis "Merah Putih" sempat memiliki peluang untuk meloloskan satu finalis pada turnamen level BWF World Tour Super 300 ini. Namun, peluang tersebut melayang setelah Adnan Maulana/Nita Violina Marwah tersingkir di babak 16 besar.

Pada laga perempat final, Rehan/Lisa kalah dari Praveen/Melati lewat pertarungan tiga gim 18-21, 21-16, 18-21. Sementara, Amri Syahnawi/Winny Oktavina Kandow gagal mencapai semifinal seusai dikalahkan pasangan Denmark, Mathias Thyrri/Amalie Magelund, juga melalui rubber game.

"Dengan terhentinya langkah ketiga dari empat wakil, Praveen/Melati menjadi andalan tersisa. Pasangan senior itu menata kembali performa mereka setelah absen dari turnamen selama enam bulan pada paruh kedua 2002 karena cedera pinggang Praveen," tulis Kompas, Sabtu (1/4).

"Mereka akan menjalani semifinal pertama sejak mencapai tahap itu pada Kejuaraan Asia, April 2022," demikian laporan media harian tersebut, dalam artikel dengan kepala berita "Hanya Satu Ganda Campuran ke Semifinal".

Pada tahun ini, juara Denmark Open dan French Open 2019 itu telah mengikuti empat turnamen sebelum tampil di Madrid, dengan hasil terbaik babak 16 besar All England 2023.

Di semifinal Spain Masters 2023, Praveen/Melati akan bertemu Thyrri/Magelund, pasangan yang mengawali turnamen di babak 32 besar dengan kemenangan atas rekan senegara mereka, Mads Vestergaard/Christine Busch. Kemudian, Thyrri/Magelund mengungguli Adnan/Nita dan Amri/Winny untuk mencapai babak empat besar.