SEA Games 2023 - Target Empat Emas Cabang Bulu Tangkis

Lisa Ayu Kusumawati & Rehan Naufal Kusharjanto (Djarum Badminton)
Lisa Ayu Kusumawati & Rehan Naufal Kusharjanto (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Tim bulutangkis Indonesia menanggung tugas berat di SEA Games ke-32 dengan target meraih empat medali emas. Kepala Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky tidak mau main-main dalam menentukan pemain yang akan turun berlaga. Rionny dan tim pelatih memutuskan menggabungkan kekuatan senior dan junior untuk memenuhi target tersebut.

"Dengan target empat medali emas, saya rasa ini adalah tim yang kuat karena beberapa dari mereka akhir-akhir ini menampilkan prestasi yang cukup baik," kata Rionny, melalui keterangan pers Humas PP PBSI, Senin (10/4).

"Kami memang membagi kekuatan dengan tim ke Piala Sudirman. Memang di Piala Sudirman kami turunkan pemain utama tapi yang ini juga tidak kalah, levelnya sudah sama, prestasinya juga sudah mendekati," tambahnya.

Chico Aura Dwi Wardoyo, Shesar Hiren Rhustavito, Christian Adinata, dan Alwi Farhan, mengisi skuad tunggal putra. Di sektor tunggal putri, Komang Ayu Cahya Dewi, Ester Nurumi Tri Wardoyo, Stephanie Widjaja, dan Mutiara Ayu Puspitasari.

Di ganda putra, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan dipercaya untuk mendulang medali emas, baik di kategori beregu putra maupun perorangan. Sementara di ganda putri, dipilih Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi dan Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari.

Untuk ganda campuran, Indonesia menaruh harapan besar pada Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dan Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela.

Dengan kekuatan ini dan persiapan yang cukup, membuat Rionny optimistis. "Semua pemain ini sudah punya performa, kualitas, dan level yang baik. Tinggal bagaimana nanti saya dan tim pelatih memberikan keyakinan agar mereka lebih percaya diri. Saya harap tim bisa menyiapkan diri sebaik-baiknya dan sampai jangan terlena karena ini levelnya SEA Games, kelihatannya kecil tapi tekanannya sebenarnya besar, jadi jangan sampai tertekan," pesannya.