Piala Sudirman 2023 - Denmark dan Singapura Langsung Dihadapkan Laga Penentu

Loh Kean Yew (Djarum Badminton)
Loh Kean Yew (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | China akan bertarung untuk mencapai gelar juara ke-13 pada Piala Sudirman 2023 sekaligus memperpanjang rekor pencapaaian podium tertinggi kejuaraan beregucampuran ini, dengan tugas perdana melawan Mesir pada hari pembuka, Jumat (14/5). Di saat yang sama, Denmark dan Singapura --sesama pesaing dari grup yang sama-- akan bertemu dalam pertandingan yang diperkirakan bakal menentukan runner-up di Grup A.

Melalui lamannya, Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) memperkirakan, laga antara Denmark dan Singapura bisa menjadi pertandingan yang menegangkan. Dimulai dengan pertandingan antara pemain tunggal Viktor Axelsen dan Loh Kean Yew. Raksasa bulu tangkis Eropa itu masih memiliki ganda putra Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen dan ganda campuran Mathias Christiansen/Alexandra Bøje, sementara Singapura akan mengandalkan ganda putra Terry Hee/Loh Kean Hean dan ganda campuran Terry Hee/Tan Wei Han di ganda campuran.

Sementara pada sektor tunggal putri, BWF menilai, sulit untuk memprediksi siapa yang lebih unggul antara Yeo Jia Min dan Mia Blichfeldt atau Line Christophersen. Selain itu, Denmark juga memiliki ganda putri yang cukup solid, Sara Thygesen/Maiken Fruergaard.

Jelas, China adalah favorit juara grup. Selaku tuan rumah, mereka tentu tidak ingin mengecewakan penonton yang menyaksikan langsung di Suzhou Olympic Sports Centre, Suzhou, China, tempat digelarnya Piala Sudirman 2023, 14-18 Mei. Dengan kedalaman skuad yang mumpuni, diisi sejumlah pemain yang tengah berada di puncak performa mereka, akan menarik disimak jika tim tuan rumah akan mengubah susunan pemain. Karena dalam beberapa bulan terakhir, China telah menunjukkan kekuatan mereka melalui sejumlah pemain muda.

Pada Kejuaraan Beregu Campuran Asia atau Badminton Asia Mixed Team Championship (BAMTC) 2023 lalu, China menurunkan beberapa pemain anyar yang cukup merepotkan lawan. Di tunggal putra mereka memercayakan pemain berperingkat 121 dunia, Lei Lan Xi, yang pada perhelatan BAMTC 2023 berada pada posisi peringkat lima China. Itulah turnamen perdana Lei pada tahun ini, setelah setahun sebelumnya berlaga di level International Series dan International Challenge, BWF World Tour Super 100, serta Kejuaraan Bulu Tangkis Asia, dengan hasil terbaik sebagai runner-up International Series di Vietnam dan Malaysia.

Meski memiliki sejumlah pasukan muda, tim bulu tangkis China diprediksi bakal tetap menurunkan para pemain senior mereka, seperti Shi Yu Qi, Chen Yu Fei, Zheng Si Wei, Huang Ya Qiong, Chen Qing Chen, atau Jia Yi Fan.

Sementara, juara Afrika, Mesir, tetap berupaya untuk memberikan performa terbaik saat bertarung dengan tim tuan rumah. Di sisi lain, para pemain Mesir seperti Adham Hatem Elgamal, Nour Youssri, Ahmed Salah dan Doha Hany, akan berusaha mengejar poin peringkat Olimpiade.