Piala Sudirman 2021 - Hadapi Malaysia, Tunggal Indonesia Kembali Disorot

Anthony Sinisuka Ginting (Foto: Badminton Photo/Raphael Sachetat)
Anthony Sinisuka Ginting (Foto: Badminton Photo/Raphael Sachetat)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Malam ini, Indonesia bertemu Malaysia di perempat final Piala Sudirman 2021. Tim "Merah Putih" merupakan juara Grup C setelah mengalahkan Denmark 3-2 pada laga penentuan juara grup. Sementara, Malaysia adalah runner-up Grup D setelah kalah dari Jepang 1-4. Laga perempat final lainnya, Tiongkok melawan Denmark, Korea Selatan bertemu Thailand, dan Taiwan menghadapi Jepang.

Demikian hasil undian babak perempat final yang diselenggarakan Federasi Bulu Tangkis Dunia BWF pada Jum`at (1/10) dini hari WIB.

Nomor tunggal, baik putra maupun putri, kembali menjadi sorotan pada pertandingan melawan negara tetangga ini. Sebab, dalam pertemuan terakhir dengan Kanada dan Denmark, Indonesia selalu kehilangan angka dari nomor tunggal. Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie dinilai perlu mendongkrak performa permainan mereka.

"Mereka harus lebih fokus bermain berdasarkan strategi yang direncanakan. Dalam dua laga terakhir, keduanya terlihat kurang percaya diri dan berani," tutur pelatih tunggal putra Indonesia Hendry Saputra Ho, seperti dilaporkan Kompas, Jum`at (1/10).

"Kesalahan-kesalahan fatal yang merugikan sendiri juga banyak dibuat, hingga memengaruhi keyakinan," Hendry, menambahkan.

Merujuk pada catatan media harian tersebut, dari tiga pertandingan Grup C, kemenangan 5-0 hanya didapat atas Federasi Bulu Tangkis Rusia pada laga perdana. Setelah itu, Jonatan Christie dan Ester Nurumi Tri Wardoyo kalah ketika Indonesia mengalahkan Kanada 3-2.

Anthony dan Putri Kusuma Wardani juga harus mengakui keunggulan lawan, yang kali ini seimbang, saat Indonesia berjumpa Denmark pada perebutan juara Grup C. Indonesia menang juga dengan skor 3-2

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Rionny Mainaky juga mengemukakan, selain pada nomor ganda, letak kekuatan skuad Indonesia juga ada pada sektor tunggal putri. Sementara terkait tunggal putra --yang juga baru berkontribusi satu kali kemenangan pada babak penyisihan--, Rionny berpendapat, kekuatan antara Indonesia dan Malaysia terbilang seimbang. "Kekuatannya ramai," tanggapnya, dikutip dari Antara.

"Meski begitu, saya harapkan semua sektor bisa ambil poin," kata Rionny.

Berada di paruh bawah, jika berhasil mengalahkan Malaysia, di semifinal nanti Indonesia bakal berjumpa dengan pemenang antara unggulan kedua sekaligus juara Grup D Jepang dan runner-up Grup B Taiwan.

Laga babak perempat final Piala Sudirman 2021 yang mempertemukan Indonesia dengan Malaysia digelar di Energia Areena, Vantaa, Finlandia, Jum`at (1/10), pukul 16.00 waktu setempat atau 20.00 WIB.