Piala Sudirman 2021 - Greysia/Apriyani Bangkitkan Asa, Rinov/Tari Tentukan Kemenangan

Pasangan ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu. (Foto: Badminton Photo/Jnanesh Salian)
Pasangan ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu. (Foto: Badminton Photo/Jnanesh Salian)
Internasional ‐ Created by Junius

Jakarta | Tim bulu tangkis Indonesia harus berjuang hingga partai kelima atau laga terakhir, pada babak penyisihan Grup C perebutan Piala Sudirman 2021, Senin (27/9) malam WIB. Asa skuad "Merah Putih" bangkit di partai keempat pada sektor ganda putri, sebelum dapat memastikan kemenangan di partai pamungkas melalui nomor ganda campuran.

Menghadapi Kanada di Energia Areena, Vantaa, Finlandia, Indonesia sebenarnya mampu membuka keunggulan lebih dulu di partai pembuka pada sektor ganda putra. Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses menumbangkan B. R. Sankeerth/Nyl Yakura dengan skor 21-16, 21-10 dalam 28 menit.

Sayang, Kanada berbalik unggul berkat kemenangan di dua partai berikutnya. Ester Nurumi Tri Wardoyo yang turun di partai kedua pada sektor tunggal putri dipaksa menyerah dari Rachel Chan 24-22, 8-21, 18-21. Kedudukan pun sama kuat 1-1.

Skuad Kanada bahkan berbalik unggul berkat kemenangan Brian Yang pada sektor tunggal putra. Brian secara mengejutkan mampu mengalahkan pemain peringkat tujuh dunia Jonatan Christie dengan skor 9-21, 22-20, 21-18.

Beruntung, Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang turun di partai keempat ganda putri, mampu membangkitkan asa tim "Merah-Putih". Peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 itu sukses menyamakan kedudukan menjadi 2-2, setelah mengatasi perlawanan Rachel Chan/Chaterine Choi dengan skor 21-16, 21-10.

"Sebenarnya kami masih mencari-cari, apalagi ini pertandingan pertama kami. Alhamdulillah, bisa memberi poin untuk Indonesia," kata Apriyani, seperti dikutip dari keterangan tim Humas dan Media PP PBSI.

"Pasti ada juga pengaruhnya setelah ketinggalan 1-2. Tetapi kami coba lampiaskan di pertandingan, yaitu bagaimana caranya agar bisa dapat poin untuk Indonesia," Greysia, menimpali pernyataan Apriyani.

Dengan kedudukan sementara sama kuat, nasib tim bulu tangkis Indonesia masih harus ditentukan di laga pamungkas lewat pasangan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Menghadapi B. R. Sankeerth/Crystal Lai, Rinov/Tari akhirnya menang dengan skor 21-14, 21-10. "Tegang sih pasti ada. Apalagi kami tampil di partai terakhir yang menentukan nasib Indonesia," tutur Rinov.

Kemenangan itu sekaligus mastikan kemenangan tim "Merah-Putih" dengan skor 3-2. "Tadi tegang juga. Tetapi Alhamdulillah bisa fokus ke pertandingan dan mengantarkan Indonesia menang," Tari, melengkapi komentar pasangannya mengenai pertandingan penutup tersebut.

Berikut hasil pertandingan Indonesia vs. Kanada (3-2):

  • Ganda Putra: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs. B. R. Sankeerth/Nyl Yakura, 21-16, 21-10
  • Tunggal Putri: Ester Nurumi Tri Wardoyo vs. Rachel Chan, 24-22, 8-21, 18-21
  • Tunggal Putra: Jonatan Christie vs. Brian Yang, 21-9, 20-22, 18-21
  • Ganda Putri: Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs. Rachel Chan/Chaterine Choi, 21-16, 21-10
  • Ganda Campuran: Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs. B. R. Sankeerth/Crystal Lai, 21-14, 21-10