Olimpiade Paris 2024 - Peluang Ganda Campuran Masih Terbuka

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Humas PP PBSI)
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Paris | Kepala Bidang Hubungan Luar Negeri PP PBSI Bambang Roedyanto menegaskan, kesempatan wakil ganda campuran Indonesia untuk meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024 masih sangat terbuka. Saat ini, tiga ganda campuran "Merah Putih", Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, menjalani masa krusial untuk berebut tiket ke ajang olahraga internasional empat tahunan tersebut.

"Memang sementara sekarang Rinov/Pitha berada di posisi 14, tersalip pasangan Belanda Robin Tabeling/Selena Piek. Tapi masih ada sekitar lima turnamen untuk bersaing. Perbedaan poinnya pun hanya ratusan saja," ujar Roedy melalui siaran pers Humas PP PBSI, Senin (4/3) malam WIB.

Pekan lalu, ketiga ganda campuran Indonesia tersebut berlaga di German Open 2024. Dejan/Gloria gagal melampaui babak pertama. Rinov/Pitha lolos ke babak kedua, sementara Rehan/Lisa tembus semifinal. Hasil tersebut berpengaruh besar terhadap peringkat "Race to Olympics".

Namun, Roedy optimistis, masih ada peluang bagi para ganda campuran Indonesia untuk dapat merebut tiket Paris 2024."Jadi kans masih ada selama mereka bisa terus optimal dalam setiap turnamen. Mengambil sebanyak-banyaknya poin sebelum 'Race to Olympics' berakhir. Saya rasa penentuan akan sampai di Kejuaraan Asia dan Eropa nanti," pungkasnya.

Ketiga pasangan tersebut juga akan bertarung pada French Open 2024, 5-10 Maret. Mereka telah melakukan latihan bersama di Adidas Arena pada Senin (4/2) pagi waktu setempat. Selama kurang lebih 150 menit, mereka bergantian menjajal arena yang juga akan menjadi arena pertandingan turnamen level BWF World Tour Super 750 tersebut.

Adidas Arena terletak di Porte de la Chapelle sebelah timur laut Paris. Mampu dipasang hingga empat lapangan dan memiliki kapasitas 8000 kursi, arena pertandingan ini juga menjadi tempat digelarnya cabang bulu tangkis Olimpiade pada 27 Juli-5 Agustus.