Korea Masters 2023 - Momota Kembali ke Final

Kento Momota (Djarum Badminton)
Kento Momota (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Setelah menanti selama 497 hari, Kento Momota akhirnya kembali berlaga di final. Tunggal putra Jepang berperingkat 52 dunia itu lolos ke partai puncak Korea Masters 2023 berkat kemenangan atas Lei Lan Xi asal China. Dalam laga semfinal di Gwangju Women’s University Stadium, Gwangju, Korea Selatan, Jumat (11/11), Momota membutuhkan waktu 44 menit untuk meraih kemenangan dua gim langsung 21-10, 21-19.

"Kento Momota ends his 497 day wait to contest a #BWFWorldTour title match. His previous final saw him finish runner-up at Malaysia Open in July last year," tulis Federasi Bulu Tangkis Dunia melalui akun @bwfmedia pada jejaring sosial X.

Pada final Malaysia Open 2022, Momota kalah 4-21, 7-21 dari pebulu tangkis Denmark, Viktor Axelsen, dalam tempo 34 menit.

Di final Korea Masters 2023, Minggu (12/11), Momota bertemu rekan senegaranya, Koki Watanabe, yang pada semifinal mengalahkan unggulan kelima asal Taiwan, Wang Tzu Wei. Laga antara Momota dan Watanabe akan tercatat sebagai pertemuan ketiga mereka, setelah masing-masing pemain mengantongi satu kemenangan pada pertemuan sebelumnya.

Selain Momota dan Watanabe, Jepang juga meloloskan dua wakilnya, yaitu Tomoka Miyazaki pada nomor tunggal putri dan Rui Hirokami/Yuna Kato (ganda putri).

Berikut rangkaian partai final Korea Masters 2023:

Ganda Campuran

  • Seo Seung Jae/Chae Yu Jung (Korea Selatan/1) vs. Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin (China/2)

Tunggal Putri

  • Kim Ga Eun (Korea Selatan/1) vs. Tomoka Miyazaki (Jepang)

Ganda Putri

  • Rui Hirokami/Yuna Kato (Jepang/5) vs. Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong (Korea Selatan/2)

Tunggal Putra

  • Koki Watanabe (Jepang/7) vs. Kento Momota (Jepang)

Ganda Putra

  • Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan (Taiwan/3) vs. Lee Yang/Wang Chi-Lin (Taiwan/2)