Kejuaraan Dunia Junior 2023 - Indonesia Bawa Pulang Empat Medali

Jonathan Farrell Gosal/Priskila Venus Elsadai (Humas PP PBSI)
Jonathan Farrell Gosal/Priskila Venus Elsadai (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Spokane | Tim bulu tangkis junior Indonesia memastikan membawa pulang empat medali dari Kejuaraaan Dunia Junior Campuran 2023 dan Kejuaraan Dunia Junior 2023 nomor perorangan yang digelar di Spokane, Washington, Amerika Serikat (AS), 24 September-8 Oktober. Satu medali perak diraih melalui beregu campuran, satu medali perunggu dari perorangan nomor ganda campuran. Sementara, tim "Merah Putih" berpotensi meraih dua medali emas, masing-masing dari perorangan nomor tunggal putra dan putri.

Kepastian tersebut didapat setelah tunggal putra Alwi Farhan dan tunggal putri Chiara Marvella Handoyo lolos ke partai puncak nomor perorangan BWF World Junior Championships 2023. Dalam laga semifinal kejuaraan yang digelar di The Podium Arena, Sabtu (7/10), Indonesia memiliki tiga wakil. Namun, ganda campuran Jonathan Farrell Gosal/Priskila Venus Elsadai (Jojo/Elsa) gagal mengikuti Alwi dan Chiara yang melaju ke final.

Langkah Jojo/Elsa terhenti di babak empat besar setelah dikalahkan Liao Pin Yi/Zhang Jia Han asal China dengan skor identik 16-21, 16-21. Sebelumnya, Jojo/Elsa juga mengalami kekalahan dari pasangan "Negeri Tirai Bambu" ini di final beregu campuran lewat straight games 19-21, 14-21.

Sementara, Chiara mengatasi perlawanan Huang Lin Ran asal China. Lewat pertarungan ketat dua gim, Chiara yang tampil lebih yakin dan fokus, hingga sukses memetik kemenangan berharga, dengan menyingkirkan Huang dengan skor 21-17, 21-19 dalam durasi 47 menit.

Satu wakil Indonesia yang juga tembus ke final, Alwi, tampil penuh percaya diri. Unggulan keempat ini sukses mengalahkan Ayush Shetty asal India dengan skor 21-18, 21-15 dalam durasi 37 menit untuk menapak ke partai puncak.

Berikut rangkaian partai final BWF World Junior Championships 2023 di Spokane, Washington, (AS), Minggu (8/1), pukul 13:00 waktu setempat:

Ganda Campuran
Zhu Yi Jun/Huang Ke Xin (China/1) vs. Liao Pin Yi/Zhang Jia Han (China/3)

Tunggal Putri
Chiara Marvella Handoyo
(Indonesia) vs. Pitchamon Opatniputh (Thailand/2)

Tunggal Putra
Hu Zhe An (China/3) vs. Alwi Farhan (Indonesia/4)

Ganda Putri
Francesca Corbett/Allison Lee (As/3) vs. Maya Taguchi/Aya Tamaki (Jepang)

Ganda Putra
Lai Po Yu/Tsai Fu Cheng (Taiwan/6) vs. Ma Shang/Zhu Yi Jun (China/4)