Kejuaraan Dunia 2023 - Para Pemain Fokus Memulihkan Kebugaran

Latihan perdana tim Indonesia jelang Kejuaraan Dunia 2023 di Denmark (Humas PP PBSI)
Latihan perdana tim Indonesia jelang Kejuaraan Dunia 2023 di Denmark (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Kopenhagen | Sebelum memulai latihan teknik perdana di Kopenhagen, Denmark, Sabtu (19/8), para pemain Indonesia menjalani latihan pemanasan dan kelincahan terlebih dahulu. Pelatih fisik Yansen Alpine memimpin latihan ini. Setelah itu, baru dilanjutkan latihan teknik sesuai sektornya masing-masing. Gregoria Mariska Tunjung mengaku sangat menikmati porsi latihan sesi pagi.

Suasana yang tenang dan sejuk, membuat tunggal putri andalan "Merah Putih" itu bisa berlatih optimal. Bersama Putri Kusuma Wardani, pemain tunggal putri ini dilatih oleh Indra Widjaja. "Saya nikmati latihan pertama ini untuk ngenakin badan dan mengembalikan feeling pukulan saja," ujarnya, melalui siaran pers Humas PP PBSI, Sabtu (19/8) petang WIB.

"Lumayan, otot-otot badan bisa kembali untuk menghadapi latihan berikutnya dan pertandingan," kata Gregoria.

Sementara, pemain ganda putra Daniel Marthin juga menggunakan latihan ini untuk mengembalikan kondisi. "Latihan ini saya gunakan untuk mengembalikan kondisi setelah perjalanan panjang dari Jakarta. Untuk mengenakan kondisi badan. Biar tidak kaku-kaku," tuturnya.

Hal hampir senada juga disampaikan pemain ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto, yang memanfaatkan latihan ini untuk mengembalikan kondisi. "Latihan ini biar tubuh lebih segar dan makin siap untuk menerima latihan yang intensitasnya pasti lebih berat jelang pertandingan," ujarnya.

Sehari sebelumnya, tim bulu tangkis Indonesia mendarat di Kopenhagen dalam dua kloter, Jumat (18/8). Tim pertama datang sekitar jam 12.00 dan kloter kedua jam 15.00 waktu setempat. Tim Indonesia menginap di Hotel Scandic Falkoner, Kopenhagen

Mengingat kondisi pemain yang baru menempuh perjalanan panjang dari Jakarta sekitar 14 jam, oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky, di hari kedatangan diputuskan tidak ada latihan. Para pemain hanya diminta menjaga kebugaran di ruangan pusat kebugaran yang tersedia di hotel. "Kegiatan di hari pertama, bebas aktif. Bisa berlatih di ruang gym hotel. Yang penting bisa keringatan dan ada gerak dikit, serta peregangan supaya Sabtu pagi bisa lebih segar," demikian Rionny.