Kejuaraan Dunia 2023 - Lima Pemain Tunggal Melaju

Thalita Ramadhani Wiryawan (Humas PP PBSI)
Thalita Ramadhani Wiryawan (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Spokane | Indonesia meloloskan dua tunggal putra serta tiga tunggal putri ke babak 16 besar nomor perorangan BWF World Junior Championships 2023. Di tunggal putra, unggulan keempat Alwi Farhan pun terus menjaga harapan ke podium juara. Ia menang atas wakil India, Tushar Suveer, 21-16, 21-19. di The Podium Arena, Spokane, Washington, Amerika Serikat, Rabu (4/10).

Kemenangan juga dipetik kompatriotnya, Prahdiska Bagas Shujiwo, yang mengalahkan pemain Jerman, Luis Pongratz dengan skor 21-6, 21-8.

Namun, kemenangan Alwi dan Bagas tidak diikuti rekannya Muhammad Reza Al Fajri dan Bodhi Ratana Teja Gotama. Reza takluk di tangan Ayush Shetty (India) setelah bertarung tiga gim 14-21, 21-13, 19-21. Sedangkan Bodhi disingkirkan Hu Zhe An, unggulan ketiga asal China melalui dua gim langsung 15-21, 17-21.

Di sektor tunggal putri, Thalita Ramadhani Wiryawan, Ruzana, dan Chiara Marvella Handoyo, terus melaju. Thalita menang atas wakil Australia, Catrina Chia-Yu Tan, dengan skor 21-15, 21-7. Ruzana lewat pertarungan sengit tiga gim, berhasil menekuk pemain China, Dai Qin Yi, dengan skor 21-19, 9-21, 22-20.

"Alhamdulillah bisa menang hari ini. Sejauh ini kondisi saya juga masih oke. Untuk menghadapi pertandingan besok, semoga saya bisa tampil maksimal saja pokoknya," ujar Thalita melalui siaran pers Humas PP PBSI.

Sedangkan Chiara sukses menggulingkan  Wang Pei Yu (Taiwan) dengan skor 21-19, 21-13. "Puji Tuhan hari ini bisa menang dan permainannya sesuai apa yang saya harapkan. Memang tadi sempat tertinggal, saya cuma berusaha mengeluarkan bentuk permainan terbaik dan lebih banyak mengubah ke servis pendek yang ternyata membuat lawan malah banyak mati sendiri," jelas atlet asal klub PB Djarum ini.

"Untuk menghadapi pertandingan besok, saya hanya mau main lepas dan berusaha mengeluarkan bentuk permainan terbaik seperti hari ini," Chiara, menambahkan.

Namun, langkah Mutiara Ayu Puspitasari justru terhenti. Juara Kejuaraan Asia Junior 2023 yang ditempatkan sebagai unggulan keempat ini disingkirkan wakil Thailand, Tonrug Saeheng dengan skor 10-21, 14-21.