Kejuaraan Dunia 2023 - Beban Besar di Pundak Axelsen

Viktor Axelsen (Humas PP PBSI)
Viktor Axelsen (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Viktor Axelsen adalah satu-satunya pebulu tangkis Denmark peraih dua medali emas Kejuaraan Dunia 2017 dan 2022. Kini, ia berpeluang menjadi orang pertama setelah Lin Dan --peraih lima medali emas pada 2006, 2007, 2009, 2011, dan 2013-- yang berhasil menjadi juara dunia tunggal putra sebanyak tiga kali. Axelsen menjadi tumpuan tuan rumah pada Kejuaraan Dunia 2023 yang digelar di Royal Arena, Ørestad Syd, Kopenhagen, Denmark, 21-27 Agustus.

Sebelumnya, Axelsen telah melampaui rekor dua seniornya yang pernah satu kali meraih gelar juara, yaitu Flemming Delfs (1977) dan Peter Rasmussen (1997).

"Saya hanya mencoba untuk terus mencapai hasil terbaik. Namun, tentunya ada beban bagi saya karena bermain di kampung halaman sendiri. Perhatian (publik tuan rumah) pasti tertuju pada saya," kata Axelsen, dalam sesi wawancara dengan BWF TVyang diunggah pada situs video YouTube.

"Nanti dipastikan saya akan terlihat 'dingin' karena saya harus menempatkan fokus pada setiap pertandingan. Karena hasil akhir adalah yang utama," tegasnya.

Di babak pertama Kejuaraan Dunia 2023, Axelsen akan bersua Nhat Nguyen. Jika menang atas pebulu tangkis dari Irlandia itu, ia akan bertemu pemenang laga antara Nguyen Hai Dang dari Vietnam dan Christo Popov (Prancis).