Kejuaraan Dunia 2022 - Pengalaman Fadia Bisa Memotivasi Ribka

Siti Fadia Silva Ramadhanti & Ribka Sugiarto (Humas PP PBSI)
Siti Fadia Silva Ramadhanti & Ribka Sugiarto (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ribka Sugiarto, yang berpasangan dengan Siti Fadia Silva Ramadhanti, belum pernah tampil di Kejuaraan Dunia. Berbeda dari Ribka, Fadia pernah bermain dalam ajang ini di Nanjing, China, pada 2018, berpasangan dengan Agatha Imanuela. Pada tahun yang sama, Fadia masih bermain dalam level yunior dan tampil pada Kejuaraan Dunia. Atmosfer pada pengalaman tersebut dinilai dapat membantu Fadia bermain bersama Ribka di Kejuaraan Dunia 2022 di Tokyo, Jepang, 22-28 Agustus.

Pelatih ganda putri pelatnas bulu tangkis Indonesia Eng Hian menyyatakan, pengalaman Fadia itu bisa mmemotivasi Ribka untuk membuktikan bahwa dia berada satu level dengan mantan pasangannya tersebut. "Dalam latihan, mereka terlihat sangat bersemangat untuk bisa mendapat medali Kejuaraan Dunia," tutur Eng Hian, seperti dilaporkan Kompas pada Sabtu (13/8).

"Meski saat ini bermain dengan partner berbeda, mereka pernah berpasangan lama. Jadi, menggabungkan mereka bukan masalah rumit," tambah pelatih yang akrab disapa Didi ini.

Selain Fadia/Ribka, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi alias Ana/Tiwi juga diundang Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) untuk ikut dalam Kejuaraan Dunia 2022.  Ana/Tiwi merasa senang dapat tampil di panggung persaingan terbesaryang akan baru mereka rasakan.

Menurut media harian tersebut, meski baru mengikuti sembilan turnamen BWF World Tour sejak menjelang akhir 2021, Ana/Tiwi berani menghadapinya.