Juara, Gilmour Sudahi Dua Tahun Puasa Gelar

Kirsty Gilmour (Skotlandia) bersiap menghadang pengembalian.
Kirsty Gilmour (Skotlandia) bersiap menghadang pengembalian.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Pebulutangkis tunggal putri asal Skotlandia, Kirsty Gilmour akhirnya berhasil menyudahi dua tahun puasa gelar setelah sukses menjuarai SaarLorLux Open 2020 BWF Tour Super 100. Berhadapan dengan wakil tuan rumah, Yvonne Li di Saarlandhalle Saarbrücken, Jerman, Minggu (1/11), Gilmour menang dua game langsung dengan skor 21-10 dan 21-17 dalam tempo 34 menit.

“Ini pekan yang luar biasa! Sangat senang dengan apa yang saya bawa ke lapangan. Sikap, kesabaran dan kendali. Semua yang telah saya kerjakan datang bersamaan dan saya seorang gadis yang bahagia. Terima kasih kepada @saarlorluxopen karena telah menjalankan turnamen hebat,” ungkap Kirsty Gilmour dalam akun Instagram pribadinya, @kirstygilmourr.

“Saya tahu, saya dalam posisi istimewa untuk kembali ke kompetisi internasional. Terima kasih untuk semua orang yang membuat ini terlaksana. Terima kasih atas semua dukungannya! Semoga semua orang memiliki akhir pekan yang menyenangkan. Tetap jaga kesehatan,” tulisnya.

Tunggal putri nomor 27 dunia itu datang dengan status unggulan ketiga di ajang SaarLorLux Open 2020 BWF Tour Super 100. Dalam perjalanannya menuju podium juara, Gilmour berhasil mengandaskan perlawanan unggalan teratas asal Spanyol, Carolina Marin di babak semifinal. Saat itu, Gilmour mampu mengalahkan Marin dalam permainan dua game langsung dengan skor 22-20 dan 21-14.

Ini menjadi podium juara pertama bagi Gilmour dalam dua tahun ke belakang. Terakhir kali dia juara terjadi pada 2018 lalu, tepatnya di ajang Scottish Open 2018 BWF Tour Super 100. Saat itu, Gilmour berhasil mengalahkan tunggal putri Denmark, Line Hojmark Kjaersfeldt dengan skor 21-16, 18-21 dan 21-18.

Sementara sepanjang 2019 lalu, Gilmour sama sekali tidak mencicipi podium juara. Padahal, dia berhasil menembus partai final di ajang Russia Open 2019 BWF Tour Super 100, European Games 2019, Spanish International 2019 dan Orleans Masters 2019 BF Tour Super 100. Sayangnya, dari keempat turnamen tersebut, Gilmour harus puas finis sebagai runner up.